Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma Anda? Lakukan Hal Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma Anda? Lakukan Hal Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kualitas kesuburan seorang turut menentukan harapan dan peluang memiliki keturunan. Kesuburan seorang pria itu pun ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kualitas sperma.

Stres dan pola hidup yang tidak sehat, dapat memengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan pria. Oleh karena itu, perlu sekiranya bagi pria memerhatikan kesehatan jasmani agar dapat menghasilkan sperma yang berkualitas dan sehat.

Berikut tujuh cara sederhana untuk dapat meningkatkan kualitas sperma:

Cek Berat Badan
Kekurangan atau kelebihan berat badan dapat berefek negatif pada sperma pria. Oleh karena itu, sangat penting bagi kaum pria untuk memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang ideal, karena hal ini memengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan.

Cukup Asupan Asam Folat
Tidak hanya kaum wanita, pria juga membutuhkan asam folat. Pasalnya, asam folat memengaruhi kadar kromosom dalam sperma.

Jika kekurangan asam folat, kromosom akan menjadi abnormal yang tentunya hal ini memengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan. Oleh karena itu, kaum pria disarankan memperbanyak konsumsi makanan yang dengan kandungan asam folat. Contohnya, bayam dan sayuran hijau lain.

Menghilangkan Kebiasaan Buruk
Kaum Adam cenderung mengadopsi kebiasaan hidup buruk dalam keseharian mereka, seperti merokok. Perlu Anda ketahui, merokok mengurangi jumlah dan memperlambat gerak sperma.

Jadi, jika Anda seorang perokok atau bahkan perokok pasif, saatnya untuk berhenti mulai hari ini.

Tidak Minum Bir
Alkohol tidak baik bagi pria, terutama jika Anda yang sedang menjalani program memiliki bayi. Penelitian menunjukkan bahwa alkohol memiliki sifat yang dapat mengurangi produksi sperma dan menyebabkan kelainan sperma.

Mengurangi Stres
Stres dapat membuat sperma menjadi abnormal dan mengurangi konsentrasi kualitasnya. Oleh karena itu, saran dokter agar pasangan untuk tidak mengambil atau menjalani segala bentuk stres, karena tidak baik untuk pria dan wanita.

Hati-hati Konsumsi Obat
Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa obat yang dapat memengaruhi kualitas atau jumlah sperma laki-laki?. Anda disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai obat yang Anda konsumsi, apakah memiliki pengaruh terhadap kualitas sperma atau tidak.

Lingkungan yang Beracun
Bahan kimia beracun akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Logam beracun seperti pelarut kimia dapat meningkatkan persentase kerusakan pada sperma Anda.

Cobalah untuk membentengi diri atau menjauh dari lingkungan beracun agar tidak memengaruhi kualitas sperma Anda. (metrotvnews.com)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.