Ingin Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anda? Lakukan 5 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anda? Lakukan 5 Hal Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang, berbicara di depan khalayak mungkin perkara yang mudah. Tapi, tidak bisa dipungkiri masih banyak orang yang takut dan tidak bila berurusan dengan orang banyak.

Rasa percaya diri setiap orang memang berbeda-beda, sering kali rasa percaya diri identik dengan kepribadian. Bila orang yang kurang percaya diri, maka akan dinilai sebagai orang yang pendiam dan menjauh dari lingkungannya.

Nah, ketika Anda mengalami hal yang serupa, cobalah lakukan lima hal ini untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda:

Jauhkan Pikiran Negatif
Hal utama yang menyebabkan Anda tidak percaya diri adalah ketakutan. Ketakutan akan banyak hal, seperti takut dipermalukan, takut dianggap sok pintar, takut dianggap berbeda, mulailah jauhkan pikiran negatif ini.

Pikiran negatif seperti inilah, yang menghambat Anda maju dan percaya diri. Bila Anda memiliki potensi menjadi ketua organisasi, cobalah ajukan diri dan tunjukan kemampuan Anda. Jauhkan pikiran bahwa Anda akan dinilai buruk oleh teman-teman Anda. Lakukan hal ini secara bertahap dan tanam pikiran positif untuk menjadi orang yang lebih baik.

Perbaiki Penampilan
Penampilan Anda sangat memengaruhi, bagaimana rang lain akan menilai Anda. Tidak jarang orang yang berpenampilan kurang menarik, tidak pernah menjadi pusat perhatian. Untuk itu, cobalah mengubah style Anda, dan bergaul dengan teman kantor ataupun kuliah Anda.

Dengan begitu, mereka akan sadar dengan kehadiran Anda, dan Anda akan memiliki banyak teman. Adapun berpenampilan rapi dan menarik, akan menjadikan Anda nilai tambah oleh orang yang memerhatikan Anda.

Melatih Diri
Tidak ada salahnya, Anda berbicara di depan kaca dan melatih cara Anda berbicara. Untuk sebagian orang, rasa percaya diri memang datang begitu saja. Namun, rasa percaya diri juga dapat dilatih dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan.

Bila Anda sering melatih kepercayaan diri Anda, perlahan Anda akan mulai terbiasa dan mudah untuk melakukan banyak hal. Memang banyak hal yang hanya dapat dilakukan, bila Anda memiliki rasa percaya diri.

Melihat Referensi
Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah melihat orang lain. Temukanlah orang yang menurut Anda memiliki kepercayaan diri yang baik, dan dapat dicontoh.

Cobalah untuk melihat bagaimana orang tersebut menyampaikan sesuatu, dan melakukan hal yang menurut Anda sulit dilakukan. Dengan begitu, Anda akan merasa termotivasi dan mulai meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Ambil Risiko
Mencapai kesuksesan memang membutuhkan proses dan melalui banyak kegagalan. Bila Anda gagal dalam percobaan pertama, jangan langsung putus asa dan menyerah.

Mulailah menerima risiko dan kegagalan yang Anda hadapi. Karena semakin banyak Anda gagal, semakin banyak juga Anda mengetahui di mana kelemahan Anda. Dengan begitu, Anda semakin menguasai bagaimana menghadapi kelemahan diri sendiri. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.