PortalMadura.com

Ini 3 Faktor Penyebab Gaji Sering Habis di Pertengahan Bulan

  • Rabu, 12 Juli 2017 | 13:00
Ini 3 Faktor Penyebab Gaji Sering Habis di Pertengahan Bulan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang harus bisa mengatur keuangan. Apalagi bagi Anda yang sudah punya pekerjaan tetap. Pemasukan dan pengeluaran harus tetap seimbang, jangan sampai terus mengikuti keinginan Anda.

Oleh karena itu, membelanjakan gaji yang Anda dapatkan dari hasil bekerja harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Jangan sampai di pertengahan bulan, gaji Anda sudah habis. Salah satu kebiasaan yang menjadi penyebab utama biasanya karena boros.

Nah, agar Anda bisa lebih mudah mengatur keuangan kedepannya simak penyebab gaji Anda mudah habis di pertengahan jalan berikut ini:

Gaya Hidup Berlebihan
Tidak masalah bila mau terlihat mewah jika Anda memang punya penghasilan dan kemampuan yang mumpuni. Tapi kalau gaji pas-pasan dan masih banyak tagihan menunggu, lebih baik Anda menyesuaikan diri. Jangan sampai besar pasak daripada tiang karena Anda lebih menuruti keinginan daripada kebutuhan setiap kali belanja. Dahulukan prioritas atau kebutuhan yang lebih penting untuk dipenuhi setiap bulannya.

Sesuaikan gaya hidup dengan gaji atau penghasilan yang Anda punya. Jangan terlalu memaksakan diri ingin hidup mewah kalau kemampuan Anda terbatas.

Hari Jadi Sumenep

Tidak Menabung di Awal Bulan
Menabung sebaiknya dilakukan di awal bulan. Jadi, ketika baru terima gaji, langsung sisihkan sebagian untuk ditabung atau diinvestasikan. Jangan menabung dengan “uang sisa”. Kadang untuk disiplin menabung, Anda memang harus memaksakan diri untuk disiplin setiap awal bulannya. Sehingga nanti pengeluaran selanjutnya bisa ditekan sedemikian rupa. Karena kadang kalau sudah pegang uang, rasanya nggak sabar untuk bisa segera membelanjakannya, ya kan?.

Jadi kalau dari awal sudah ada sebagian uang yang dialokasikan untuk tabungan atau investasi, Anda jadi lebih mudah mengatur pengeluaran yang selanjutnya.

Tidak Bisa Menahan Diri dari Godaan Diskon
Kalau yang satu ini “penyakit” banget. Bila sudah ada diskon, susah untuk menahan diri. Apalagi kalau barang yang didiskon itu adalah barang yang sudah lama jadi incaran Anda, pastinya Anda langsung menikmati diskon itu. Padahal tidak semua barang diskon itu masuk dalam hitungan murah.

Bila Anda termasuk tipe orang yang susah menahan godaan diskon, mending jangan sering-sering mengecek info diskon. Karena berawal dari iseng bisa berakhir tekor.

Idealnya Anda selalu membuat catatan pemasukan dan pengeluaran secara rutin setiap bulannya. Jangan lupa soal tagihan dan cicilan yang juga harus dipenuhi. Yuk, lebih bijak dalam mengelola penghasilan dan keuangan Anda. Semoga infonya bermanfaat. (vemale.com/Desy)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional