oleh

Ini 3 Khasiat Daun Pegagan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

PortalMadura.Com – Sudah tahukah Anda apa itu daun pegagan?. Daun yang memiliki bahasa ilmiah Centella asiatica itu biasanya tumbuh di pekarangan rumah, sawah dan ladang. Tapi siapa sangka, walaupun daun ini merupakan tumbuhan liar ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Pasalnya, ia bisa mengobati berbagai macam masalah pada kulit. Lantas, apa saja manfaat daun pegagan untuk kulit?. Berikut ulasannya:

Sebelum menjelaskan tentang manfaatnya, akan lebih baik jika Anda mengetahui lebih dalam mengenai daun pegagan. Apa itu Centella asiatica?.

Centella asiatica adalah daun hijau berbentuk kipas yang biasanya ditanam dan digunakan untuk tujuan pengobatan. Selain dikenal sebagai pegagan, tanaman yang satu ini juga memiliki nama lain Gotu kola.

Herbal yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India ini memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan mulai dari mulai meningkatkan suasana hati, menambah daya ingat, menurunkan kadar gula darah, mengatasi diare, hingga mengatasi permasalahan kulit.

Tanaman yang berasal dari keluarga Apiaceae ini mengandung berbagai bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, antivirus, hingga antiulcer (mengatasi luka pada dinding perut dan usus dua belas jari).

Para ahli di University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa meski herbal ini aman tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi selama lebih dari enam minggu tanpa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter. Selain itu, orang yang memiliki penyakit hati (liver) dan riwayat kanker kulit juga tidak disarankan untuk mengonsumsi tanaman yang satu ini.

Dari sekian banyak manfaat daun pegagan untuk kesehatan, kegunaannya untuk kulit tidak bisa diragukan lagi.

Khasiat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit

Menyembuhkan Luka

Daun pegagan mengandung bahan kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. Senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Loading...

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds menemukan fakta bahwa luka pada tikus yang diobati dengan ekstrak daun pegagan dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka yang tidak diobati.

Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan di Minerva Chirugica juga menemukan bukti bahwa Centella asiatica mampu mengurangi jaringan parut bedah setelah diberikan dalam bentuk dosis oral. Bahkan, penelitian lain juga menyebutkan bahwa herbal yang satu ini juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan menurunkan risiko infeksi.

Sebagai Perawatan Anti Aging

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Aryuveda and Integrative Medicine, menjelaskan bahwa Centella asiatica mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Padahal protein yang satu ini berperan sebagai fondasi utama kulit agar tetap elastis.

Oleh karena itu, Dr. James Duke, salah satu penulis buku The Green Pharmacy Anti-Aging Prescriptions: Herbs, Foods, and Natural Formulas to Keep You Young, menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen pegagan atau mengoleskannya secara langsung ke kulit dengan krim dari ekstrak pegagan mampu mengembalikan dan menjaga eastisitas kulit Anda.

Mengatasi Stretch Mark

Dikutip dari penelitian dalam Advances in Dermatology and Allergology, pegagan mampu mengurangi tampilan stretch mark. Kandungan triterpenoid di dalam pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Dengan begitu, tidak hanya menyamarkan stretch mark yang telah ada tetapi juga mencegah terbentuknya stretch mark baru.

Anda bisa menggunakan berbagai krim oles yang mengandung ekstrak pegagan pada daerah yang memiliki stretch mark. Namun, usahakan untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu untuk menghindari reaksi negatif yang mungkin muncul.

Caranya dengan mengoleskan krim ke lengan bawah Anda dan mendiamkannya selama 24 jam. Jika daerah kulit yang dioles tidak mengalami iritasi atau peradangan tandanya krim ini aman untuk digunakan di daerah kulit lainnya. (hellosehat.com/Putri)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE