Ini 3 Tips Ampuh Belajar Saat Ujian, Dijamin Nilai Memuaskan

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Tips Ampuh Belajar Saat Ujian, Dijamin Nilai Memuaskan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi Anda yang sekarang duduk dibangku sekolah, baik itu SD, SMP maupun SMA pasti pernah menghadapi yang namanya ujian nasional. Bagi sebagian siswa, ujian menjadi momok yang sangat menakutkan sehingga membebankan pikirannya.

Tidak hanya itu, terkadang seorang anak kerap timbul rasa malas ketika akan belajar sehingga mengakibatkan nilai ujian menjadi tidak bagus. Bahkan, walaupun sudah belajar, hasil dari ujian itu tidak sesuai dengan yang harapkan. Lantas, apa yang salah dengan hal ini?.

Nah, bagi Anda yang sering merasa seperti itu, berikut ini ada beberapa tips belajar yang bisa mendatangkan nilai yang baik:

Menikmati Proses Belajar
Jangan pernah merasa jika proses belajar Anda adalah sebuah beban dan keterpaksaan saja. Kalau itu yang mendorong Anda untuk belajar, maka berbagai teknik sekali pun tidak akan ada yang bisa membantu sebagai solusi memecahkan masalah belajar.

Jika ingin bisa masuk ke long-term memory seseorang, mata pelajaran atau mata kuliah harus menjadi sesuatu hal yang dinikmati, bukan beban. Saat Anda menjadikan proses belajar sebagai sesuatu yang dinikmati maka sampai bertahun-tahun pun Anda akan ingat dengan pelajaran tersebut.

Membuat Ringkasan
Salah satu cara belajar yang baik adalah dengan membuat ringkasan atau rangkuman. Kalau cuma belajar dari buku cetak dan catatan yang ditulis guru saat mengajar saja, bisa-bisa Anda kesulitan saat muncul soal yang menguji daya analisa dan pemahaman konsep yang mendalam.

Supaya mengerti konsep materinya secara komprehensif atau menyeluruh, tidak ada salahnya Anda membuat mind-mapping atau ringkasan atau rangkuman. Dengan membuat itu, tanpa sadar sudah ada informasi atau data yang masuk secara acak untuk kemudian diterjemahkan berdasarkan kategori tertentu.

Apalagi jika rangkuman tersebut ditambah dengan banyak gambar visual, diagram, tabel, dan dikategorisasi dengan warna-warna yang berlainan. Ini bisa melatih kemampuan abstraksi dan permodelan dalam otak sekaligus membantu untuk bisa mencerna informasi tersebut dengan lebih mudah. Akan tetapi, ringkasan itu jangan jadikan alasan bagi Anda untuk mempermudah contekan ya.

Lakukan Visualisasi Materi Pelajaran di Otak
Agar lebih mendalami proses belajar pelajaran Sejarah, Anda bisa membuat visualisasi kronologi sejarah sebagai chains of events yang bisa Anda mainkan layaknya film di otak.

Sebenarnya tidak hanya pelajaran sejarah saja yang bisa menggunakan cara ini, tapi hampir semua mata pelajaran yang bersifat konkrit seperti geografi, fisika, biologi. Sebenarnya bisa loh permudah cara belajarnya dengan secara visualisasi materi pelajaran tersebut di otak.

Cara belajar dengan visualisasi ini mempermudah materi pelajaran masuk ke otak yakni dengan membayangkan contoh nyata yang bisa berhubungan secara konkret dengan materi yang dipelajari. Misalnya saat sedang belajar Sejarah Politik di Amerika, coba visualisasikan peristiwa sejarah tersebut seperti di film Hollywood atau salah satu mission di game kesayangan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (merdeka.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.