oleh

Ini 3 Trik Jitu Siapkan Dana Untuk Liburan Akhir Tahun

PortalMdura.Com – Liburan akhir tahun tentunya sangat dinanti-nantikan apalagi bagi seseorang yang biasa bekerja setiap hari dari pagi sampai sore atau bahkan karyawan sebuah perusahaan yang kadang harus lembur. Tentunya momen ini menjadi pelepas kepenatan setelah satu tahun bekerja.

Bahkan aroma liburan akhir tahun ini sudah mulai terasa mulai sekarang. Sehingga sebagian orang mulai merencanakan dan menyiapkan segala hal untuk berlibur. Selain tempat, transportasi dan apa yang akan dibawa, yang tidak kalah pentingnya adalah dana yang harus dipersiapkan saat Anda dan keluarga liburan.

Biar lebih yakin bisa liburan atau tidak akhir tahun ini, coba dicek kondisi keuangan untuk liburan nanti:

1. Sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya, dalam kondisi ini artinya Anda sudah siap untuk melaksanakan liburan. Karena dananya sudah dianggarkan terlebih dahulu. Tinggal menunggu waktunya libur dan langsung mengeksekusi liburan Anda.

Jangan lupa untuk mengalokasikan dana yang ada sesuai kebutuhan liburan Anda. Misalnya dari dana yang tersedia, alokasikan 20% untuk biaya penginapan, 20% untuk biaya transportasi, 30% untuk biaya makan, 15% untuk beli oleh-oleh dan 15% untuk biaya cadangan. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Ada uang simpanan, tapi belum cukup maksimal untuk liburan akhir tahun. Artinya ada 2 kemungkinan yang bisa anda lakukan. Pertama cari dana tambahan, dari bonus akhir tahun misalnya atau dari sumber lain yang tidak mengganggu dana cadangan yang sudah ada pos-nya masing-masing. Atau dengan cara kedua, Anda liburannya disesuaikan dengan dana yang ada. Sehingga tidak perlu dipaksakan yang akhirnya akan menjadi beban setelah liburan.

3. Tidak ada dana sama sekali yang dianggarkan untuk liburan. Jangan sedih dan kecewa dulu, masih banyak cara menggunakan waktu liburan tanpa biaya. Kumpul dengan keluarga sambil nonton TV juga bisa membuat bahagia, membersihkan rumah bersama, bersepeda keliling komplek, semuanya bisa dilakukan untuk mengisi liburan.

Mau liburan harus persiapkan dengan matang, jangan sampai tujuan anda liburan tapi pulang liburan justru pusing urusan keuangan bayar cicilan utang liburan Anda.

Yang jelas jangan sekali-kali Anda berutang untuk merealisasikan liburan akhir tahun. Apalagi sampai menggunakan kartu kredit hanya untuk keinginan sesaat anda.

Kalaupun misalnya menggunakan kartu kredit, itu hanyalah untuk mempermudah transaksi dan mendapatkan nilai tambah dari merchand yang memberi potongan harga. Namun Anda sudah menyiapkan dana untuk segera melunasi tagihan kartu kredit saat jatuh tempo.

Termasuk jangan pula dana liburan diambil dari Dana Darurat yang sudah Anda bentuk, Dana Pendidikan yang sudah Anda persiapkan untuk masa depan anak, atau Dana Pensiun untuk persiapan hari tua anda. (detik.com/Desy)

Loading...