Ini 4 Cara Jitu Usir Bau di Mobil Setelah Kena Banjir

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Cara Jitu Usir Bau di Mobil Setelah Kena Banjir
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini di Indonesia sudah masuk musim hujan sehingga hampir seluruh wilayahnya terendam . Banyak dampak buruk yang terjadi pasca banjir. Salah satunya yang terjadi pada yang terkena banjir.

Akan banyak hal yang terjadi pada mobil Anda jika terkena banjir, salah satunya yaitu akan timbul bau tidak sedap di dalam kabin mobil. Karena air kotor diserap jok dan karpet yang berada di mobil. Jika tidak segera diatasi, semakin lama akan makin susah dibersihkan, karena bau dan noda terlanjur melekat dan menempel pada jok dan karpet.

Oleh karena itu, bersihkan kabin mobil dengan beberapa langkah berikut:

1. Pada bagian jok mobil, sebelum dibersihkan sebaiknya lepaskan lebih dulu, termasuk sarungnya. Cuci sarung jok menggunakan sikat lembut, lalu vakum dan keringkan. Bagian jok mobil juga dibersihkan dengan sikat lembut agar pori-pori jok terbuka. Setelah jok mobil bersih, vakum dan keringkan di bawah sinar matahari agar kering hingga ke bagian dalamnya.

2. Bersihkan semua karpet dengan mengangkatnya dari dasar lantai mobil. Cuci dengan sikat lembut dan cairan deterjen agar semua kotoran dan sisa-sisa minyak dapat bersih menyeluruh, lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, vakum dan keringkan dengan sempurna agar tidak lembab saat dipasang kembali. Selagi proses pengeringan karpet, lantai dasar mobil juga dibersihkan, cuci kemudian dibilas dengan air bersih agar tidak karat.

3. Bagian dalam pintu (doortrim) juga perlu dibersihkan. Caranya, lepas doortrim dengan hati-hati agar pengunci (claim) dan doortrim tidak patah. Kemudian bersihkan dan pastikan tidak ada air yang tertinggal di dalam doortrim. Jika doortrim atau claim patah saat dilepas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar doortrim tidak kendur dan menimbulkan bunyi saat mobil berjalan.

4. Setelah semua bagian bersih dan kering, pasang kembali dengan baik, dan berikan parfum mobil jika diperlukan. Proses membersihkan mobil yang terendam banjir, memang bisa diserahkan ke salon mobil. Namun, pemilik mobil pun perlu mengetahui langkah-langkah membersihkan mobil dengan benar agar hasilnya lebih maksimal.(viva.co.id/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.