oleh

Ini 4 Hal Penyebab Smartphone Lemot

PortalMadura.Com – Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone untuk alat komunikasi. Bahkan smartphone juga bisa digunakan untuk mempermudah banyak hal, salah satunya yaitu berbelanja.

Namun terkadang, karena terlalu banyak aktivitas yang dilakukan di smartphone menjadikan alat telekomunikasi ini lemot ataun lambat. Oleh karena itu, jika Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, ketahui beberapa hal yang menyebabkan smartphone lemot. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Memori Internal Penuh
Pemakaian smartphone yang semakin lama, kerap membuat memori internal smartphone akan semakin penuh karena banyaknya data yang tersimpan. Nah, kalau hal ini sampai terjadi, tidak heran kalau sistem pada smartphone Anda menjadi semakin lemot.

Memori internal smartphone menjadi penuh biasanya diakibatkan oleh banyaknya aplikasi, foto, video, dan lain sebagainya. Belum lagi ditambah dengan file cache aplikasi yang tidak terdeteksi, yang semakin membuat sistem smartphone semakin melambat.

Tenang saja, Anda masih bisa menyelamatkan memori yang penuh. Anda hanya perlu melakukan factory reset agar kondisi smartphone Anda tidak lemot yang diakibatkan memori penuh. Selain itu, Anda juga perlu membiasakan untuk menyimpan file-gile seperti foto, video, musik, dan lain sebagainya ke memori eksternal seperti microSD, atau media lainnya.

Punya Banyak Aplikasi yang Aktif Maupun Tidak
Bagi pengguna smartphone kurang lengkap rasanya bila tidak memiliki berbagai aplikasi. Alasan untuk memiliki banyak aplikasi ini pun beragam, ada yang memang karena dibutuhkan atau hanya penasaran saja dengan aplikasi tertentu. Namun, jangan bersenang hati dulu bila Anda memiliki aplikasi yang cukup banyak. Pasalnya hal ini merupakan salah satu penyebab smartphone Anda menjadi lemot.

Loading...

Bila Anda memiliki kebiasaan mengumpulkan aplikasi, kini Anda perlu menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau tidak Anda gunakan sama sekali. Aplikasi yang dibiarkan menumpuk ini senantiasa berjalan di latar belakang. Padahal handphone Anda memiliki sumber daya seperti RAM, CPU, dan lain-lain yang terbatas.

Anda perlu meluangkan waktu untuk mengontrol aplikasi-aplikasi mana saja yang bisa memakan banyak memori dan baterai Anda. Lakukan pembersihan untuk menghindari handphone menjadi lemot karena banyak aplikasi yang aktif.

Kualitas Baterai Smartphone
Tidak hanya karena memori penuh, usia baterai smartphone Anda juga bisa memengaruhi kecepatan sistem operasi. Baterai smartphone kerap menjadi bocor atau cepat habis setelah pemakaian lebih dari satu tahun.

Nah, kondisi baterai yang sudah semakin menurun ini ternyata juga memengaruhi proses operasi program smartphone dan komponen memori secara keseluruhan. Oleh karena itu, kamu perlu merawat baterai smartphone Anda sebelum rusak atau bocor. Caranya hanya dengan tidak memainkan atau menggunakan smartphone selama pengisian daya. Selain itu, jangan membiarkan smartphone dalam kondisi baterai kosong lalu mengisi daya.

Baca juga: PPDB SD 2019, Disdik Sumenep Terapkan 2 Jalur

Pembaharuan OS dan Aplikasi
Salah satu penyebab smartphone menjadi lemot adalah seringnya melakukan pembaharuan sistem operasi atau OS dan aplikasi. Ya, kedua hal ini memerlukan ruang memori setiap proses pembaharuannya. Padahal setiap handphone memiliki kapasitas memori yang terbatas untuk menampung pembaharuan ini. Hal inilah yang menyebabkan smartphone Anda menjadi lemot.

Hal ini kerap terjadi pada smartphone yang hanya memiliki ukuran memori dan RAM yang rendah. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menyikapinya dengan melakukan pembaharuan OS dan aplikasi sesuai dengan kebutuhan saja.


Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : liputan6.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar