4 Cara Kelola Rasa Cemburu Agar Tak Rusak Hubungan

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Kelola Rasa Cemburu Agar Tak Rusak Hubungan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan asmara, rasa cemburu menjadi bumbu tersendiri agar hubungan menjadi lebih berwarna. Namun, rasa cemburu juga bisa menjadi racun dan mengganggu keharmonisan bila berlebihan.

Nah, mengolah rasa cemburu yang lebih sehat dalam sebuah hubungan sangatlah penting lho. Tak usah bingung bagaimana cara mengatasinya, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk untuk menyikapi rasa cemburu dengan cara yang lebih dewasa.

Beri Jeda pada Pikiran Anda
Seperti yang dilansir dari womansday.com yang dikutip dari fimela.com, ketika muncul rasa cemburu, biasanya sulit untuk berpikir jernih. Malah mungkin Anda akan segara mencari-cari kambing hitam atau langsung menyalahkan pasangan. Cobalah untuk beri jeda pada pikiran Anda. Sebelum memercayai berbagai rumor yang mungkin ada, fokuskan dulu energi dan pikiran untuk menenangkan hati.

Baca Juga : Guys, Atasi Cemburu dengan Kepala Dingin Lewat 3 Cara Ini

Pahami Perubahan yang Terjadi di Dalam Tubuh
Ketika sedang cemburu, tubuh Anda akan memunculkan sejumlah reaksi fisik. Saat sedang cemburu, tekanan darah Anda akan berubah, detak jantung bisa makin cepat, dan napas Anda jadi pendek-pendek. Kondisi itulah yang seringkali membuat kita mengambil tindakan gegabah. Terimalah dulu respons-respons tersebut. Biarkan tubuh Anda mengalaminya agar tak salah mengambil langkah.

Salurkan Kelebihan Energi dalam Tubuh
Melakukan olahraga atau gerak tubuh bisa dilakukan untuk menyalurkan kelebihan energi dalam tubuh akibat respons yang muncul dari rasa cemburu yang dirasakan. Cara ini bisa sangat membantu Anda untuk dapat berpikir lebih jernih dengan perasaan cemburu yang membuat Anda tak nyaman.

Cek Fakta-Faktanya
Jujurlah dalam mengungkapkan apa yang Anda ketahui dan tidak diketahui. Cek kembali fakta-fakta yang ada. Ajak bicara pasangan. Temukan akar masalahnya dan segera cari jalan keluarnya bersama. Utarakan hal-hal apa saja yang mengganggu pikiran Anda pada pasangan. Jika memang ada yang perlu diperbaiki dalam hubungan, bisa segera membuat perubahan sesuai yang dibutuhkan.

Saat sedang cemburu memang sulit untuk tetap tenang. Tapi Anda selalu miliki kendali dalam memberi reaksi dan membuat perubahan dalam sikap serta perilaku.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.