Ini 4 Kelebihan Motor dengan Sistem Injeksi

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Kelebihan Motor dengan Sistem Injeksi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Motor dengan ternyata banyak peminatnya. Mengapa demikian? Karena sistem ini dinilai memiliki beragam keunggulan dan memberikan banyak kemudahan.

Salah satu kemudahan dari sistem injeksi pada motor yaitu dari segi perawatan. Namun ternyata, masih banyak kelebihan dari sistem injeksi ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Ahad (19/1/2020) dari laman liputan6.com yang dikutip dari Wahana Honda.

Berikut ini penjelasannya:

Sistem Pembakaran Maksimal

Sistem motor dengan teknologi karburator pada motor konvensional, dianggap kurang maksimal. Dilengkapi dengan komponen elektronik dan perbandingan AFR (Air Fuel Ratio) yang lebih advance, proses pembakaran yang dihasilkan sistem injeksi dinilai lebih sempurna.

Selain itu, output AFR yang dihasilkan mesin injeksi akan menyesuaikan kebutuhan dan mampu memberikan kontrol pada perubahan suhu di sekitar dengan sensor analisa yang canggih.

Baca Juga: Tokoh-tokoh Nasional Apresiasi Pekan Ngaji 5 Ponpes Bata-Bata Pamekasa

Irit Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar menjadi hal penting, sehingga pembakaran lebih sempurna dan memberikan efek positif.

Beberapa pabrikan yang menggunakan sistem injeksi, juga menyertakan program ECM pada motor. Fungsi ECM ini akan mengontrol penggunaan bahan bakar agar bisa optimal dan lebih irit.

Tidak Repot Setting AFR

Kendaraan dengan teknologi karburator, harus sering melakukan setting AFR. Sebab, saat kendaraan digunakan, AFR akan berubah terus menerus dan dibutuhkan penyetelan ulang agar proses pembakaran kembali optimal.

Proses setting AFR secara manual ini tidak perlu dilakukan pengguna teknologi injeksi. Sebab sistem injeksi dilengkapi modul ECM yang secara otomatis melakukan penyetelan ulang.

Mudah Saat Servis

Motor karburator harus melakukan pembongkaran spare part terlebih dulu saat hendak dibersihkan dan melakukan servis. Namun hal itu tak berlaku untuk motor injeksi. Saat melakukan servis, cairan injector cleaner biasanya akan disemprotkan pada lubang busi.

Cairan tersebut akan membersihkan bagian dalam komponen mesin. Waktu servis pun akan sangat cepat dan tenaga yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.