Ini 4 Tips Bikin Liburan Naik Kereta Api Bersama Anak Jadi Seru

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Tips Bikin Liburan Naik Kereta Api Bersama Anak Jadi Seru
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajak jalan-jalan ke luar kota pada sekolah akhir tahun merupakan momen tepat yang perlu orang tua jadwalkan. Untuk menambah pengalaman anak, coba rencanakan liburan yang berbeda dari biasanya, baik dari segi destinasi yang dipilih maupun jenis transportasi yang digunakan.

Jika selama ini keluarga Anda biasa berlibur menggunakan pesawat atau mobil, tidak ada salahnya liburan kali ini Anda memilih destinasi yang bisa dicapai menggunakan . Sebab selama perjalanan, Anda akan melewati kota-kota dan disuguhi pemandangan indah, sebuah pengalaman yang bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan anak mengenai alam, daerah, dan budaya atau warisan nusantara.

Lantas, apa saja yang perlu disiapkan untuk perjalanan berkereta dengan anak?. Berikut empat cara membuat liburan Anda bersama anak menjadi seru menggunakan kereta api:

Siapkan Hiburan
Bawa alat permainan yang disukai anak dan bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga, seperti kartu, monopoli, atau ular tangga. Permainan seperti ini akan sangat berguna ketika Anda sekeluarga mulai merasa “mati gaya” di kereta. Selain itu, bawa juga buku favorit anak atau alat pemutar musik untuk membantu mereka mengusir rasa bosan.

Meskipun demikian, butuh diingat bahwa kereta api merupakan alat transportasi umum. Jadi, pastikan Anda tidak membawa alat permainan yang dapat mengganggu penumpang lain. Jika ingin mendengarkan musik, berikan headset untuk si kecil dan juga jangan tertawa terlalu keras atau mengeluarkan suara terlalu kencang saat asyik bermain.

Bawa Bekal Makanan
Anak bisa sewaktu-waktu merasa lapar. Walau di dalam kereta api dijual makanan dan snack, Anda akan lebih irit pengeluaran kalau sudah menyiapkan bekal makanan dari rumah. Dengan membawa bekal sendiri, Anda juga bisa memastikan makanan yang dibawa lebih sehat dan disukai anak.

Pastikan makanan yang dibawa tidak mudah tumpah, tidak meninggalkan remah-remah di kursi, dan tidak berbau menyengat. Beberapa makanan yang aman dibawa antara lain roti atau sandwich, buah-buahan, dan biskuit.

Bawa Bantal dan Selimut
Umumnya, perjalanan kereta api yang dilakukan pada malam hari memakan waktu cukup lama, sehingga mau tidak mau Anda sekeluarga harus menginap di kereta.

Nah, agar anak merasa nyaman dan bisa tidur nyenyak, sebaiknya Anda membawa bantal dan selimut kesayangan anak dari rumah. Bawa saja bantal dan selimut yang tidak terlalu besar agar mudah dibawa.

Pesan Tiket Jauh-jauh Hari
Untuk perjalanan dengan kereta api, tidak jarang sebelumnya orang memesan tiket dari jauh hari. Keuntungannya adalah Anda bisa memilih letak kursi sesuai dengan keinginan, sehingga keluarga pun bisa dipastikan mendapatkan bangku yang berdekatan dan tidak terpisah-pisah. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.