Ini 4 Usia Terjadinya Perubahan Kulit dan Cara Atasinya

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Usia Terjadinya Perubahan Kulit dan Cara Atasinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring bertambahnya proses penuaan pada tubuh mulai terjadi termasuk kulit wajah. Hal itu tidak bisa dihindari meskipun menggunakan berbagai produk kecantikan. Hanya saja dengan memakai produk yang tepat dan gaya hidup yang sehat proses penuaan bisa diperlambat.

Melakukan perawatan kulit dengan produk kecantikan harus sesuai dengan kondisi kulit dan usia Anda. Agar keinginan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik meskipun usia Anda sudah tidak muda lagi tercapai. Namun supaya tidak salah penanganan, ketahui dulu usia terjadinya perubahan pada kulit dan bagaimana cara mencegahnya.

Berikut ulasannya:

Usia 27 Tahun

Pada akhir usia 20-an, Anda masih tetap harus berurusan dengan jerawat. Hanya saja, jenis jerawat yang dialami akan berbeda dan cara menanganinya pun berbeda. Jika sebelumnya jerawat yang dialami berupa blackheads ataupun whiteheads, banyak juga wanita di rentang usia ini mengalami jerawat hormonal.

Jerawat ini muncul pada area pipi dan dagu, terasa sakit, dan tidak bisa diatasi dengan acne spot treatment karena letaknya yang berada di bawah permukaan kulit. Salah satu produk yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan produk dengan kandungan tea tree oil.

Belum selesai dengan masalah jerawat, pada usia 27 Anda akan dihadapkan dengan masalah baru yaitu munculnya keriput dan garis halus pada wajah. Anda mungkin mulai menyadari garis halus pada smile lines akan semakin terlihat jelas bahkan saat Anda sedang tidak tersenyum sekalipun. Di akhir usia 20-an, ada baiknya jika Anda mulai menggunakan produk anti-aging. Pilihlah produk anti-aging dengan kandungan Vitamin E, C, dan Pro-vitamin B5.

Usia 35 Tahun
Pada usia ini hormon estrogen pada tubuh mulai menurun dan mengakibatkan kulit mulai kehilangan kolagen dan hyaluronic acid. Regenerasi sel dan proses penyembuhan kulit dari inflamasi juga akan menjadi lebih lambat.

Anda akan mengalami perubahan pada kulit berupa volume yang berkurang, khususnya pada area bawah wajah seperti pipi dan dagu. Selain itu, kulit akan terasa kering, mulai menipis, garis halus pada area dahi dan sekitar mata semakin jelas, dan age spot mulai bermunculan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda membutuhkan produk yang mampu melawan kerutan dan garis halus, meningkatkan produksi kolagen, serta menyamarkan noda di wajah. Pilihlah pelembap dengan kandungan vitamin C atau vitamin A yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Selain itu, gunakan juga cleanser atau krim yang memiliki kandungan retinol dan peptides untuk mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah.

Usia 46 Tahun
Di awal usia 40-an wanita mulai mengalami perubahan hormon yang menandakan terjadinya gejala menopause. Kadar hormon estrogen yang mulai menurun perlahan akan memberi dampak pada kulit. Maka dari itu, di usia 46 kulit akan mulai kendur, kehilangan elastisitas, dan menjadi lebih kering. Selain kulit, struktur tulang pada wajah pun akan berubah sehingga memberikan tampilan wajah yang tirus namun tidak kencang.

Pada usia ini, skin care dengan kandungan retinol, glycolic acid, dan peptides menjadi sangat penting. Tiga kandungan skin care ini dapat mengembalikan proses regenerasi sel yang mulai melambat. Jika merasa perawatan secara topikal tidaklah cukup, perawatan dengan ultra sound ataupun micro-needling dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur.

Usia 50 Tahun
Setelah mengalami menopause yang umumya terjadi pada usia 50-52 tahun, wanita akan kehilangan 1/3 dari kolagen yang terkandung pada kulit dalam jangka waktu 5 tahun setelah menopause. Berkurangnya kolagen pada kulit akan mengakibatkan kulit kehilangan elastisitas serta kelembapannya. Kulit juga akan sering mengalami peradangan yang mengakibatkan kulit menjadi semakin rentan terhadap kerusakan kulit yang diakibatkan matahari, asap, dan polusi.

Pada usia ini, kulit akan menjadi semakin tipis, kering, dan kendur. Garis halus serta keriput pun tentu akan terlihat semakin dalam, disertai dengan pori-pori yang menjadi melebar dan kulit sekitar mata menjadi lebih turun. Saat mencapai usia ini, kondisi kulit yang dialami memang sudah sulit untuk diatasi.

Apalagi dengan menggunakan produk secara topikal. Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan kencang, dibutuhkan perawatan dengan dokter. Beberapa di antaranya adalah perawatan dengan laser atau micro-needling yang dapat merangsang produksi kolagen alami pada kulit. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.