oleh

Ini 5 Cara Mudah Cegah Pembekuan Darah

PortalMadura.Com – Duduk di depan komputer dalam waktu yang cukup lama sudah bukan hal yang baru lagi bagi para pekerja kantoran. Tahukah Anda, hal tersebut ternyata berisiko mengalami pembekuan darah yang bisa mengancam jiwa.

Apalagi jika pembekuan darah ini terjadi di paru-paru atau jantung, hal ini dapat menyebabkan komplikasi ekstrem. Tapi jangan khawatir, dengan mengatur pola makan yang tepat, apa yang dilakukan, dan apa yang dikenakan setiap hari akan mengurangi kemungkinan pembekuan darah yang merusak kesehatan.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?. Berikut beberapa cara untuk mencegah pembekuan darah:

Kenakan Pakaian Longgar
Untuk mendorong sirkulasi yang sehat dalam tubuh, sebaiknya hindari mengenakan pakaian ketat. Karena pembekuan darah dapat muncul di kaki, skinny jeans sangat buruk untuk sirkulasi yang baik. Lebih baik gunakan celana panjang kain atau celana olahraga yang lebih nyaman untuk dipakai.

Mandi Menggunakan Garam Epsom
Garam Epsom dikenal untuk mendorong sirkulasi darah yang sehat dalam tubuh. Jadi lain kali ketika Anda membutuhkan waktu santai, mandilah dengan campuran garam Epsom, daripada menggunakan gelembung.

Berhenti Setiap 2 Jam Saat Mengemudi
Jangan memaksakan tubuh saat Anda akan mengemudi lebih dari 2 jam. Lebih baik beristirahat sejenak setiap 2 jam untuk merenggangkan dan menggerakan tubuh. Hal ini akan mencegah pembekuan darah yang bisa terjadi selama mengendarai.

Baca Juga : Jadwal Laga Madura United vs Persebaya Piala Indonesia Babak 8 Besar

Konsumsi Bahan ‘Pengencer Darah’ Alami
Selain obat yang disarankan oleh dokter. Ada beberapa pilihan alami untuk mengencerkan darah. Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah atau kunyit dalam pola makan harian. Selain untuk mencegah pembekuan darah, kedua bahan ini juga bisa menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Lenturkan dan Putar Jari Kaku Serta Pergelangan Kaki
Sebagian besar hari Anda dihabiskan dengan duduk di tempat kerja, yang melemahkan aliran darah di kaki Anda. Jadi, sebelum Anda berdiri dari duduk, cobalah untuk memutar, melenturkan dan menggoyangkan pergelangan kaki Anda untuk meningkatkan sirkulasi pada area ini.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : suara.com

Komentar