Ini 5 Cara yang Benar Bersihkan Keyboard PC dari Kotoran yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Cara yang Benar Bersihkan Keyboard PC dari Kotoran yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu perangkat yang seringkali kotor akibat selalu bersentuhan dengan tangan pengguna, yaitu keyboard. Bahkan dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa keyboard dikatakan lebih kotor dari toilet.

Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu menjaga agar keyboard tetap dalam kondisi bersih. Lantas, bagaimana cara yang benar membersihkan keyboard PC?.

Berikut lima cara mudah membersihkan keyboard yang bisa Anda ikuti:

Bersihkan Kotoran yang tidak Menempel
Matikan komputer dan pastikan Anda mencabut kabel keyboard sehingga tidak lagi terhubung ke PC. Angkat dan miringkan bodi keyboard, lalu goyangkan agar kotoran yang tidak menempel di keyboard jatuh dari dalam bodinya.

Bersihkan Tombol
Sebelum membongkar keyboard, sebaiknya bersihkan permukaan tombol terlebih dahulu. Gunakan cotton bud dan alkohol untuk membersihkan permukaan dan sisi tombol keyboard. Pastikan juga celah di antara tombol dibersihkan. Jika sulit dijangkau, Anda memang harus membongkar keyboard tersebut.

Membongkar Keyboard
Membongkar keyboard memang tidak bisa sembarangan. Sebelum mencoba untuk membongkar, sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu apakah keyboard yang digunakan bisa dilepas tombolnya. Kebanyakan keyboard modern termasuk semua keyboard mekanis memiliki tombol yang bisa dilepas untuk mempermudah Anda saat membersihkan.

Jika tombol keyboard Anda tidak bisa dilepas, mau tidak mau Anda harus membongkarnya. Hal seperti ini banyak terjadi pada keyboard laptop sehingga Anda harus ekstra hati-hati ketika membongkar. Jika kurang yakin bisa membongkarnya, sebaiknya serahkan pada ahlinya melalui service center resmi.

Membersihkan Bagian dalam Keyboard
Jika Anda sudah bisa mengakses bagian dalam keyboard dan melepaskan semua tombolnya, Anda baru bisa membersihkannya dengan mudah. Gunakan alkohol dan kain lembut untuk membersihkan bagian dalam keyboard.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air blower atau vacum cleaner untuk membersihkan kotoran dan debu yang berada di celah kecil bagian dalam keyboard.

Pasang Kembali Tombol Keyboard
Setelah memastikan semua bagian keyboard dalam keadaan bersih, saatnya memasang kembali tombol keyboard Anda. Jika Anda bingung dengan urutan dan posisi tombolnya, Anda bisa mengunjungi situs resmi produsen keyboard dan mencari tahu bagaimana posisi tombolnya. Lebih mudahnya lagi, Anda bisa mencari gambar referensinya di Google. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.