Ini 5 Fitur Keselamatan yang Wajib Dimiliki Mobil Reli

  • Bagikan
Ini 5 Fitur Keselamatan yang Wajib Dimiliki Mobil Reli
Ilustrasi (Asia news)

PortalMadura.Com – Mobil reli merupakan salah satu jenis mobil yang dirancang khusus untuk dipacu dengan kecepatan tinggi. Tentunya dilengkapi dengan alat pengaman yang maksimal. Karena hal ini berkaitan dengan keselamatan pengemudi.

Ada banyak fitur keselamatan yang perlu dimiliki mobil reli. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Roll Cage

Mobil reli sudah wajib dilengkapi dengan roll cage yang terdapat pada bagian kabin. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi pebalap jika tiba-tiba mobil mengalami kecelakaan cukup fatal.

Seperti contoh, mobil reli mengalami kecelakaan hingga terguling beberapa kali. Nah, roll cage yang terbuat dari material seamles dan chromoly ini dapat mengurangi dampak kerusakan yang cukup fatal.

Sistem Pemadam Api

Setiap mobil reli diwajibkan untuk memasang sistem pemadam api minimal dua unit di dalamnya. Jelas, hal ini untuk mengantisipasi jika mobil tiba-tiba mengalami kecelakaan dan menimbulkan kobaran api.

Dua buah pemadam api ringan ini letaknya berbeda. Alat pemadam yang satu letaknya di depan kursi co-drivert, lalu satunya lagi dipasang dan aktif menggunakan sistem elektrik.

Jika mobil reli mengalami kecelakaan, pebalap akan menekan sebuah tombol yang langsung mengaktifkan sistem pemadam api. Tabung pemadam api ini letaknya di belakang kursi driver.

Sabuk Pengaman dan Pemotong

Setiap mobil reli pastinya memiliki sabuk pengaman. Alat ini bahkan harus dicek dan sesuai dengan rekomendasi FIA agar menjamin keselamatan pebalap mobil reli.

Namun, selain sabuk pengaman terdapat juga pemotong. Fungsinya adalah untuk menggunting sabuk pengaman jika suatu waktu pebalap kesulitan melepas sabuk pengaman.

Pintu Pelindung yang Kokoh

Ya, mobil balap reli juga dilengkapi dengan pintu yang kokoh. Penggunaan alat ini berfungsi untuk mengantisipasi pebalap yang mengalami hantaman dari sisi samping.

Pintu ini juga dilengkapi dengan busa yang bertugas untuk meredam hantaman keras dari samping. Sehingga, pebalap tidak merasakan cedera yang begitu parah.

Bantal di Jok Mobil

Setiap jok mobil juga memiliki bantal leher yang berfungsi untuk menjaga leher pebalap agar tidak terguncang terlalu keras ketika terjadi tabrakan. Namun, bantal leher ini bukan yang sembarangan seperti di jual di toko.

FIA telah menentukan jika jok dan bantal leher ini harus disesuaikan dengan tinggi pebalap. Hal ini dilakukan agar perangkat keselamatan ini berfungsi secara optimal.

Peraturan tersebut mengatakan jika bantal leher ini tidak boleh rendah dari mata pebalap. Sehingga jok mobil dapat melindungi kepala dengan maksimal.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.