Ini 5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Wanita untuk Dapatkan Bibir Sehat Terawat

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Wanita untuk Dapatkan Bibir Sehat Terawat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki yang dan tentu dambaan setiap wanita. Untuk mewujudkan hal ini, perlu perawatan maksimal agar bibir tidak kering.

Sayangnya, para wanita hanya memerhatikan perawatan wajah saja, sehingga mereka tidak memberikan perhatian yang cukup kepada bibirnya. Padahal, proses pembersihannya pun biasanya tidak semaksimal bagian wajah yang lain.

Nah, berikut ini lima hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan bibir, terutama jika Anda sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah:

Bersihkan dengan Sempurna
Saat membersihkan makeup dengan cleanser, jangan lupakan bagian bibir. Meskipun lipstik yang Anda kenakan sudah luntur, kemungkinan besar masih ada residu yang perlu diangkat.

Maka dari itu, dengan membersihkan bibir dari riasan secara teratur, Anda bisa mencegah kulit bibir mengalami kekeringan dan penggelapan.

Eksfoliasi
Lakukan pengangkatan sel kulit mati di area bibir seminggu sekali atau dua minggu sekali jika kulit Anda benar-benar sensitif. Dengan cara ini kulit bibir akan senantiasa beregenerasi dan terjaga kesehatannya.

Gula dengan butiran halus bisa menjadi eksfoliator yang baik, karena selain bisa mengangkat kulit mati dengan lembut juga bisa melembapkan secara alami.

Selain itu, kelopak mawar segar yang ditumbuk atau oatmeal juga bisa digunakan sebagai eksfoliator jika Anda malas membeli lip scrub dalam kemasan. Tetapi jangan sekali-sekali melakukan eksfoliasi saat bibir sedang pecah-pecah.

Jaga Kelembapannya
Ada beberapa hal sekaligus yang perlu dilakukan untuk menjaga kelembapan bibir. Hindari lip balm yang mengandung bahan-bahan pengering kulit seperti alkohol atau menthol, terutama jika bibir Anda rawan pecah-pecah.

Hentikan kebiasaan menjilat bibir, karena bisa menjadikan bibir lebih kering. Madu bisa menjadi pelembap alami yang baik untuk bibir. Oleskan saja secukupnya sebelum tidur.

Sehatkan dari Dalam dengan Nutrisi yang Baik
Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa jadi disebabkan karena nutrisi yang kurang seimbang. Pastikan makanan yang Anda santap mengandung vitamin, mineral, dan protein yang cukup.
Selain itu, jangan lupakan hidrasi dengan konsumsi cairan yang cukup setiap hari.

Segera Konsultasi ke Ahlinya jika Kondisi Bibir Semakin Buruk
Bila Anda mengalami masalah bibir pecah-pecah atau ruam yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah menjalankan cara-cara di atas, segera kunjungi dokter. Bukan tidak mungkin ada penyebab lebih serius yang perlu ditangani secara profesional. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.