oleh

Ini 5 Kursus Siap Kerja Bagi Lulusan SMA

PortalMadura.Com – Bagi Anda yang baru saja lulus SMA, sudah ada pikirankah mau lanjutin kuliah dimana atau mau langsung kerja saja? Nah, bagi Anda yang belum miliki kesempatan duduk di bangku kuliah atau yang masih mau menunda untuk kuliah, Anda bisa melakukan kursus terlebih dahulu.

Ada beberapa kursus siap kerja yang bisa Anda pilih setelah lulus SMA. Meski demikian, jangan lupa sesuaikan dengan bidang yang benar-benar Anda minati. Kursus-kursus siap kerja biasanya butuh waktu belajar sekitar 6 bulan sampai 1 tahun.

Kursus semacam ini akan mengasah skill Anda menjadi tenaga kerja yang kompeten. Dunia kerja sekarang lebih butuh karyawan yang juga praktisi aktif dalam bidang kerja yang dibutuhkan. Berikut beberapa kursus yang bisa Anda jalani setelah lulus SMA.

Kursus Public Speaking
Kemampuan berbicara di depan banyan orang akan jadi salah satu aset Anda yang paling berguna di dunia bisnis. Kursus public speaking akan melatih Anda menjadi presenter, pembawa berita, dan penyiar radio.

Kursus ini sangat pas bagi Anda yang suka berbicara. Kursus ini juga akan membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri, selain bisa mengasah kemampuan berkomunikasi di depan banyak orang.

Kursus Web Developer
Di zaman sekarang yang serba digital, kemampuan membangun aplikasi berbasis web sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Apalagi perusahaan yang bergerak di bidang digital yang sedang booming saat ini.

Profesi web developer juga menjanjikan gaji yang tinggi, lho. Selain bekerja di perusahaan, seorang web developer bisa membangun perusahaan sendiri atau bekerja secara freelance.

Bila Anda punya minat di bidang teknologi digital, Anda bisa mengikuti kursus web developer, web designer, web programmer, atau web administrator.

Baca Juga : Awal Tahun 2019, 40 Warga Pamekasan Jadi TKI

Kursus Kecantikan/Makeup
Bila Anda sering cek Instagram atau YouTube, Anda pasti tahu bahwa profesi makeup artist atau MUA sekarang ini makin banyak dicari. Dari yang kliennya baru teman sendiri sampai yang langganan selebriti, MUA jadi salah satu profesi paling dibutuhkan sekarang.

Nah, bila Anda memang hobi mainan makeup, cobalah ikutlah kursus tata rias untuk menajamkan skill Anda. Bila sudah lumayan jago, pamerkan kemampuan Anda lewat media sosial untuk menjaring klien.

Kursus Bahasa Asing
Bila Anda lihat deskripsi lowongan kerja, Anda bisa menemukan kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu syarat penting untuk mengirim lamaran kerja.

Kemampuan berbahasa Inggris, Mandarin, atau Jepang adalah beberapa bahasa asing yang paling dicari perusahaan. Dengan kemampuan berbahasa asing, Anda juga bisa menjadi guru les, tour guide atau penerjemah.

Kursus Merangkai Bunga
Acara wisuda, bridal shower, pesta pernikahan dan banyak event penting lainnya dalam hidup seseorang memerlukan bunga. Pasti Anda sudah sering lihat akun Instagram atau online shop yang menawarkan buket bunga untuk even-even bukan?.

Buket bunga ini dibuat tidak asal-asalan, tapi pakai skill yang bisa dipelajari. Skill merangkai bunga ini bisa Anda dapatkan lewat kursus merangkai bunga. Kursus ini biasa ditawarkan mulai dari level pemula/dasar sampai level spesialisasi merangkai bunga gaya Eropa atau Korea.

Setelah kursus, Anda bisa memulai usaha merangkai bunga sendiri yang modalnya relatif tidak besar. Kebutuhan buket bunga di Indonesia juga terus meningkat, jadi kemungkinan bisnis Anda sukses juga semakin besar.

Yang terpenting jangan cepat menyerah di setiap langkah yang Anda lakukan. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Nanik Dwi Jayanti
Sumber : gadis.co.id

Komentar