Ini 5 Masalah yang Dialami Ibu Baru Saat Si Kecil Mulai Masuk TK

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Masalah yang Dialami Ibu Baru Saat Si Kecil Mulai Masuk TK
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika memasuki usia lima tahun, mereka siap masuk ke lingkungan baru, seperti bermain dan belajar di sekolah bersama teman-temannya. Seorang ibu pun merasa senang karena kepandaian anak akan semakin bertambah.

Bahkan, saat pertama kali masuk sekolah (TK), anak-anak dan orang tua pasti sangat gembira meski beberapa anak ada yang menangis. Tapi, ibu jauh lebih bahagia. Sebab, ibu mana yang tidak bahagia karena perjalanan hidup anak di dunia baru segera dimulai.

Sayangnya, kebahagiaan itu tidaklah utuh. Menemani anak menjalani kehidupan barunya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Khususnya, bagi para ibu muda yang akan mengalami hal baru pula. Tidak jarang, hal itu membuat mereka gila dan benci.

Hal ini wajar terjadi, para ibu mengalami sekelumit masalah ketika mengawal anak masuk sekolah untuk pertama kalinya.

Berikut lima masalah yang akan dialami saat si kecil mulai masuk TK:

Bangun Pagi
Ya, sekolah TK dimulai pagi hari. Berarti para ibu harus bangun lebih awal, menyiapkan sarapan, makanan bekal ke sekolah, memandikan si kecil, memakaikan bajunya, menyiapkan diri sendiri, lalu mengantar ke sekolah. Apalagi anak tidak mungkin bangun jika ibu belum membangunkan.

Saat Mengantar ke Sekolah
Bagi ibu yang tidak bekerja, bermacet-macet di jalanan dan naik bus itu sangat menyiksa. Mereka tidak biasa menghadapi kemacetan, bahkan sambil membawa anak yang masih rewel karena mengantuk.

Berpisah di Depan Gerbang
Mungkin ini sedikit berlebihan. Tapi, bagi ibu yang tidak biasa mereka pasti sedih harus berpisah beberapa jam saja dari anaknya.

Anak masuk ke kelas sementara ibu hanya bisa mengantar sampai gerbang dan menunggu di luar sampai beberapa jam kemudian. Ibu harus meyakinkan diri kalau anaknya aman dan baik-baik saja di dalam.

Terlibat Kegiatan Sekolah
Bagi ibu yang suka bersosialisasi mungkin awalnya senang mengikuti perkumpulan orang tua di sekolah. Tapi itu hanya sebentar, tidak lama perkumpulan sosial justru menambah daftar pekerjaan. Selanjutnya cukup banyak ibu yang menyesal.

Mendapat Pengaduan
Orang tua biasanya diberi banyak informasi tentang apa yang terjadi oleh anak selama di tempat prasekolah atau penitipan anak (baik dari guru dan anak-anak). Apakah informasi itu dapat membuat Anda tersenyum? Ya, perkembangan anak tidak selalu optimal.

Terkadang prestasi anak menurun saat suasana hati sedang tidak enak. Untuk para ibu bersemangatlah mendorong anak-anak agar giat di sekolah. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.