Ini 6 Cara Cerdas Pilih Gadget yang Ringan dan Canggih Saat Liburan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 6 Cara Cerdas Pilih Gadget yang Ringan dan Canggih Saat Liburan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masih dalam suasana akhir tahun, masih banyak orang yang munkin sudah berlibur atau yang saat ini sedang siap-siap untuk liburan.

Kurang lengkap rasanya jika berlibur tanpa . Namun, membawa gadget biasanya akan menambah beban barang bawaan. Lalu bagaimana agar bisa berlibur dengan membawa gadget tapi tidak menjadi pegal?.

Berikut ulasannya:

Pilih Tas Punggung yang Nyaman
Tidak semua orang rela mengeluarkan banyak uang untuk sebuah tas berkualitas tinggi untuk memuat gadget. Padahal tas yang nyaman dan berkualitas tinggi adalah investasi bijak yang tahan lama.

Bagi yang memiliki jadwal aktivitas liburan yang padat dan mengharuskan Anda untuk berpindah-pindah ke banyak tempat, tas ransel yang nyaman merupakan pilihan paling baik.

Pilih tas dengan bantalan punggung yang cukup dan tali untuk dada atau/dan perut agar beban dapat terdistribusi ke seluruh badan dengan baik sehingga punggung tidak terlalu terbebani dan berpotensi cedera.

Berdasarkan pengalaman, pilih tas punggung dengan banyak kompartemen agar Anda dapat mengatur semua gadget yang dibawa dengan mudah.

Bagi yang ingin membawa drone, pastikan tas backpack yang digunakan sudah memiliki kompartemen khusus untuk drone. Selain itu, juga ada kompartemen untuk menyimpan laptop dan kamera digital.

Tas Kedua yang Lebih Kecil
Jika membawa banyak gadget tapi tidak ingin membawa semua gadget tersebut saat di destinasi liburan, Anda juga bisa membawa tas selempang yang lebih kecil. Tas gadget khusus ini juga cocok bagi Anda yang tidak ingin membawa banyak gadget seperti kamera saku atau mirrorless, ponsel, hingga drone kecil semisal DJI Mavic Pro atau DJI Spark.

Selain kenyamanan, jangan lupa memikirkan faktor keamanan gadget. Pilih tas dengan bantalan yang cukup tebal sehingga gadget akan tetap terlindungi saat terbentur atau jatuh ke tanah.

Salah satu kelebihan tas sling adalah kemudahan akses ke kompartemen kamera tanpa harus melepas tas. Selain itu, biasanya ada kompartemen untuk menyimpan benda kecil lain seperti ponsel, dompet, bahkan tripod kecil. Ada baiknya juga memilih tas dengan tali penyeimbang jika ingin jalan-jalan lebih lama.

Anda juga bisa pilih tas bahu dari Billingham Hadley Pro, Wotancraft Ryker, Wotancraft Raven, ThinkTank Retrospective Series, dan Peak Design Messenger. Selain memiliki desain keren, tas bahu yang baik biasanya memiliki tali dengan bantalan agar bahu tidak sakit jika membawa tas dalam waktu lama.

Laptop 2-in-1 atau Convertible
Membawa laptop saat berlibur tidak identik dengan mengurus pekerjaan, tapi juga sebagai alat penunjang kreativitas. Dianjurkan untuk memilih laptop 2-in-1 yang ringan tapi dengan performa kencang.

Laptop dengan pena stylus dapat digunakan untuk menggambar saat liburan. Performanya juga cukup kencang untuk mengolah hasil rekaman video selama liburan saat menunggu pesawat untuk pulang. Tapi yang terpenting, bobotnya yang di bawah 1,5kg termasuk ringan sehingga tidak membebani saat dibawa-bawa.

Kamera Mirrorless atau Kamera Saku Prosumer
Bagi Anda yang ingin menggunakan kamera digital untuk mengabadikan momen liburan, pilih kamera mirrorless atau kamera saku prosumer yang relatif lebih ringan. Jika memilih mirrorless, pertimbangkan apakah Anda cukup membawa satu lensa atau lebih dari dua lensa. Sedangkan bagi yang memilih kamera saku prosumer, pastikan jangkauan lensanya sudah memadai untuk kebutuhan Anda.

Sedangkan bagi yang suka mengambil swafoto alias selfie, pilih kamera dengan layar yang bisa diputar 180 derajat. Pertimbangan lain adalah kamera tahan air yang bisa digunakan di bawah air. Jika ke laut, pastikan kamera tersebut juga dapat digunakan di laut dengan atau tanpa tambahan aksesori.

Kamera yang direkomendasikan di atas memiliki ukuran relatif mungil dan bobot ringan sehingga tidak membebani saat dibawa-bawa. Meskipun kecil, hasil fotonya tetap prima dan lebih baik jika dibandingkan kamera ponsel.

Smartphone Baterai Ekstra Besar
Walaupun powerbank kini tersedia dalam banyak pilihan dan harga relatif murah, membawa powerbank dapat membebani Anda saat bepergian.

Dengan baterai besarnya, ini berarti Anda bisa menggunakan ponsel lebih lama tanpa takut kehabisan baterai saat ingin digunakan. Bahkan juga ada modus Power Saver yang membatasi fitur smartphone agar baterai dapat bertahan lebih lama. Fitur ini amat berguna dalam kondisi darurat, saat tidak ada colokan listrik atau powerbank.

Ketahanan baterai merupakan faktor yang amat penting dalam liburan, apalagi jika Anda menyimpan informasi tiket dan hotel di dalam ponsel. Belum lagi jika Anda ingin menggunakan fitur pemetaan berbasis GPS. Tentunya tidak lucu jika Anda harus cari colokan dulu hanya karena baterai akan habis saat ingin menemukan jalan.

Aksesori Pengganti Fungsi Gadget Lain
Skenario lain adalah dengan menggunakan aksesori untuk menggantikan fungsi gadget lain. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.