oleh

Ini 6 Manfaat Punya Teman Beda Daerah yang Perlu Dipahami

PortalMadura.Com – Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Karena itu, tak heran banyak sekali keragaman budaya di negeri ini. Mulai dari suku, budaya, makanan, dan lainnya. Tak sulit menemukan orang dengan beda budaya selama masih di Indonesia. Maka bersyukurlah bila Anda bertemu bahkan berteman baik dengan mereka yang beda budaya. Sebab, hal tersebut akan miliki banyak manfaat bagi Anda. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Bisa Coba Makanan Daerah Lain
Tiap daerah tentunya memiliki makanan khas daerahnya masing-masing. Nah, bagi Anda yang punya teman dari daerah lain, maka beruntung sekali karena Anda bisa cobain makanan dari daerah teman Anda berasal.

Apalagi bila teman Anda baru saja kembali dari daerah asalnya. Pasti Anda akan dibawakan oleh-oleh makanan khas dari daerahnya, bukan? Seperti Jenang Kudus, Lumpia Semarang, atau Pempek Palembang. Selain kenyang, Anda juga jadi tambah pengetahuan tentang makanan daerah lain.

Jadi Tahu Tempat Wisata di Daerah Lain
Bila Anda ingin jalan-jalan keluar kota, Anda jadi tak terlalu bingung lagi. Anda bisa menanyakan tempat wisata yang sering dikunjungi turis di daerah tempat teman Anda tinggal. Mulai dari detail lokasi hingga alasan kenapa tempat itu menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi. Hal tersebut bisa didapatkan dari teman Anda.

Tentunya akan sangat menyenangkan bukan, kalau memiliki teman yang tinggal di daerah berbeda?

Belajar Banyak Bahasa Daerah
Selain suku, Indonesia juga memiliki banyak bahasa daerah. Contohnya saja di pulau Jawa terdapat setidaknya lima bahasa, yaitu bahasa Jawa, bahasa Betawi, bahasa Madura, bahasa Sunda, bahasa Cirebon, dan masih banyak lagi.

Bila Anda berteman dengan orang yang bahasa daerahnya berbeda dari daerah Anda, pasti makin lama akan mengerti bahasa daerah mereka.

Jadi, secara tidak sengaja Anda akan belajar bahasa daerah lain. Hal tersebut akan menambah pengetahuan lagi bukan?

Menambah Wawasan dengan Budaya Lain
Bila Anda sudah mencoba makanan daerah, belajar bahasa daerah, dan mengenal tempat wisata daerah teman Anda, maka cobalah untuk mengenal budaya dan adat istiadat daerah mereka.

Meskipun masih sama-sama berada di Indonesia yang menganut budaya timur, tapi tentunya setiap daerah di Indonesia juga memiliki budayanya masing-masing. Misalnya, seperti upacara pembakaran mayat Ngaben di Bali yang berbeda dengan upacara penguburan mayat di alam terbuka di Desa Trunyan, Bali.

Masing-masing daerah memiliki adatnya masing-masing. Dengan memiliki teman yang berasal dari berbagai daerah, Anda akan menambah wawasan dengan keberagaman di Indonesia.

Jaringan Pertemanan Makin Luas
Berteman dengan orang yang berasal dari daerah lain dapat membantu Anda mencari teman di waktu yang akan datang. Misalnya saja, jika Anda pindah ke kota tempat tinggal teman Anda sebelumnya, Anda akan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan budayanya karena Anda sudah terbiasa bermain dengan teman yang berasal dari kota baru Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi dekat dengan seseorang melalui pengetahuan Anda mengenai kebudayaan mereka. Dengan membicarakan kebudayaan dari daerah teman baru Anda, mereka akan merasa kebudayaan mereka dihargai.

Melatih Kepribadian Agar Lebih Bijak dan Toleransi Keberagaman
Di antara yang lain, ini yang paling penting. Dengan memiliki teman dari daerah lain, secara tidak langsung akan membentuk pribadi yang bijak dan mau bertoleransi dengan sesama. Meskipun di Indonesia ada banyak keberagaman, tidak sedikit orang yang menolak keberagaman itu.

Nah, bila Anda bisa menghargai dan menerima kebudayaan orang lain, Anda bisa menjadi inspirasi buat orang-orang yang memiliki pemikiran menolak keberagaman. Untuk akhirnya lebih terbuka bahwa keberagaman itu tidaklah buruk.

Dengan banyaknya manfaat dan keuntungan punya teman dari berbagai daerah di Indonesia, jadi makin yakin bahwa keberagaman itu bisa mempersatukan kita.

Kita juga tidak perlu lagi merasa minder gara-gara berasal dari daerah yang berbeda dari teman kita, karena pastinya setiap daerah di Indonesia itu punya kecantikannya masing-masing.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari miliki teman yang berbeda daerah. Semoga bermanfaat. (gadis.co.id/Nanik)