Ini 6 Tips Ber-Internet Banking Dengan Aman Yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 6 Tips Ber-Internet Banking Dengan Aman Yang Wajib Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir semua bank-bank komersial dunia sudah menggunakan layanan Internet banking, termasuk di Indonesia. Dengan tersedianya layanan internet banking nasabah semakin dimanjakan dengan cara menggunakannya dimana saja dan kapan saja selama ada akses internet.

Meski demikian, internet banking juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diperhatikan. Transaksi elektronik bagaimana pun membutuhkan kewaspadaan, tidak hanya bagi perbankan sebagai penyedia layanan, tetapi juga nasabah sebagai pengguna layanan.

Berikut enam tips internet banking dengan aman yang harus Anda ketahui:

Mengubah Password Secara Berkala
Mengubah password internet banking secara rutin setiap beberapa bulan sekali akan membuat lebih aman dan mengurangi kemungkinan pencurian online atau tindakan hacking. Hindari menyimpan password di tempat yang mudah diketahui orang lain.

Jangan Lupa Sign Out
Jika Anda mengakses internet banking melalui komputer umum atau milik orang lain, pastikan untuk me-sign-out dan menghapus history yang ada. Usahakan menggunakan komputer atau gadget pribadi untuk mengakses internet banking.

Baca Email dari Bank dengan Teliti
Email apapun dari bank harus dibaca dengan teliti dan cermat. Ini akan membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak menanggapi email dari sumber lain yang tidak berhubungan dengan bank.

Waspada dengan Pishing Email
Email ini terlihat mirip dengan yang dikirimkan oleh bank, namun Anda harus lebih berhati-hati apalagi mengenai rincian yang sensitif.

Anda harus menyadari hal ini dan segera menghubungi bank jika Anda merasa melakukan kesalahan pada internet banking Anda.

Jangan Mengunduh e-statement dari Komputer Lain dan Meninggalkannya
Untuk men-download segala hal yang terkait internet banking, sebaiknya menggunakan gadget pribadi. Jika dalam keadaan darurat yang terpaksa dilakukan melalui perangkat milik orang lain, segeralah menghapus file hingga bersih setelah men-download.

Jangan Memberitahu Informasi Akun Kesembarang Orang
Anda harus menjaga rahasia tentang informasi akun internet banking Anda ke orang lain. Selain username dan password, nomor rekening juga perlu dijaga dengan benar.

Jangan memberitahu informasi ini ke pada siapapun, terkecuali beberapa anggota keluarga inti yang memerlukan. (pintarin.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.