Ini 7 Benda Kecil yang Perlu Dibawa Saat Pergi ke Tanah Suci

Avatar of PortalMadura.com
Ini 7 Benda Kecil yang Perlu Dibawa Saat Pergi ke Tanah Suci
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah tentu ada banyak persiapan yang harus dibawa untuk kebutuhan di sana. Mulai dari pakaian yang akan digunakan, perlengkapan ibadah sampai dengan obat bagi yang memiliki riwayat penyakit.

Tidak hanya itu saja yang perlu Anda persiapkan, ada barang-barang kecil yang juga berperan penting untuk dibawa karena memiliki banyak manfaat dan dapat membatu kegiatan ibadah di Tanah Suci.

Apa sajakah itu?. Berikut barang-barang kecil yang juga penting dibawa:

Steker (Colokan Listrik)
Pastikan Anda juga membawa steker kaki tiga dan letter T. Karena, stop kontak di Arab Saudi berbentuk kaki tiga dan jumlahnya sangat terbatas. Pastikan charge barang elektronik di pemondokan.

Kartu Memori
Bagi Anda yang senang berfoto atau mendokumentasikan kegiatan di Tanah Suci, ada baiknya membawa kartu memori kamera cadangan. Baterai kamera cadangan juga disarankan bila ada. Membawa lebih memudahkan ketimbang harus beli di Arab Saudi.

Karet Gelang
ini sangat banyak kegunaannya. Ada jemaah haji yang kerap menggunakan karet untuk menghitung jumlah saat tawaf dan sa'i di Masjidil Haram.

Peniti
Jemaah wanita khususnya, lebih banyak membutuhkan benda ini untuk berbagai kebutuhan. Karena itu, siapkan yang cukup untuk dibawa.

Kacamata Hitam
Suhu di Arab Saudi mendekati musim puncak haji kerap sangat panas. Bahkan mencapai 50 derajat celsius. Guna melindungi mata dari terik Matahari, kacamata hitam tentu menjadi pilihan yang berguna.

Power Bank
Ibadah yang cukup padat dan terbatasnya stop kontak akan membuat baterai barang elektronik Anda seperti HP dan kamera lupa untuk diisi ulang. Membawa power bank akan memudahkan Anda tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga.

Masker
Benda ini sangat berguna untuk melindungi hidung dan mulut dari debu yang menerpa wajah. Tapi jangan lupa, ganti masker Anda setiap 6 jam. Jika suhu sangat panas, Anda bisa membasahi masker.

Pelembap
Benda ini berguna untuk mengatasi kulit kering karena cuaca panas yang ekstrem di Tanah Suci. Pelembap juga penting digunakan untuk kaki agar tidak pecah-pecah.

Waterspray
Sangat berguna untuk menyegarkan wajah jika merasa kepanasan saat beraktivitas di Arab Saudi. Spray juga bisa untuk membasahi masker.

Siapkan segala kebutuhan Anda agar ibadah makin bermakna. Guna menunjang berlangsungnya ibadah dengan sempurna, menjaga kesehatan sejak di Tanah Air menjadi sangat penting. Biasakan berolahraga, atau minimal berjalan kaki setiap hari 30 menit.

Selama berada di Tanah Suci, pastikan Anda banyak minum air mineral. Disarankan minum air putih saat bangun tidur, sebelum dan sesudah makan, serta saat beraktivitas. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.