oleh

Ini 8 Makanan Pantangan Untuk Pengguna Asam Urat

PortalMadura.com– Asam Urat adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan rasa sakit di persendian. Asam Urat dapat disebabkan oleh kehadiran kristal natrium urat yang tinggi di dalam tubuh yang menyebabkan penumpukan di dalam tubuh.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung banyak zat purin tinggi juga bisa memicu asam urat. Karena itu, Anda sangat disarankan untuk menjaga asupan gizi untuk mengurangi gejala asam urat.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari pantang asam urat. Dan berikut beberapa makanan yang menyebabkan Asam Urat yang harus Anda hindari:

Pantang untuk penderita asam urat

1. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daging

Penderita asam urat disarankan untuk mengurangi dan mencegah mengkonsumsi daging yang mengandung purin. Contohnya adalah daging sapi dan daging kambing.

2. Hindari mengkonsumsi jeroan

Jeroan mengandung senyawa purin yang tinggi sehingga harus dihindari terutama untuk penderita Asam Urat. Jenis-jenis jeroan yang dapat memicu Asam Urat meliputi jantung, usus, limpa, babat, jantung, otak, ginjal dan lain-lain.

3. Hindari mengkonsumsi makanan beralkohol

Alkohol memiliki efek buruk pada kesehatan Anda. Karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsinya.

4. Hindari makan makanan laut

Makanan yang berasal dari laut mengandung banyak zat purin tinggi. Contohnya adalah kerang, kepiting, teri, ikan teri, udang, lobster dan lainnya.

5. Hindari mengkonsumsi sayuran dengan kandungan purin tinggi

Sayuran adalah salah satu bahan terpenting untuk kesehatan. Namun, untuk pasien dengan Asam Urat ada beberapa senyawa yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung senyawa purin yang tinggi. Contohnya adalah bayam, kacang polong, kacang dan jamur.

6. Kurangi minuman manis

Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman manis untuk membantu mempercepat penyembuhan asam urat. Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Minuman ini termasuk minuman ringan, sirup, dan berbagai jenis minuman botolan.

7. Hindari mengonsumsi kopi

Untuk pasien dengan mengkonsumsi kopi Asam Urat dapat memperparah nyeri sendi. Ini karena kopi mengandung senyawa kafein. Kandungan kafein dalam kopi sangat tinggi dan dapat mengentalkan encok. Kondisi ini akan mengganggu fungsi dan kinerja ginjal.

8. Mengurangi konsumsi telur

Loading...

Telur adalah salah satu makanan yang kaya protein. Untuk pasien dengan asam urat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi telur. Ini karena telur juga mengandung senyawa purin. Karena itu, mengonsumsi telur yang berlebihan bisa meningkatkan rasa sakit akibat asam urat.

Tips Mengatasi dan Mencegah Asam Urat

Banyak sekali makanan diet asam urat yang harus diperhatikan. Namun, Anda juga dapat mengkonsumsi makanan berikut yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat:

1. Air

Air adalah komponen terbesar dalam tubuh Anda. Air juga memainkan peran penting dalam semua aktivitas Anda. Contohnya adalah membantu menghilangkan asam urat dan racun dalam tubuh.

2. Apel

Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi apel setiap hari. Ini karena keberadaan kandungan asam malat dalam apel dapat membantu menstabilkan kadar asam urat.

3. Ceri

Buah ceri juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, buah juga bisa berfungsi mencegah kristalisasi pada Asam Urat. Ini bisa terjadi karena ceri mengandung senyawa antosianin. Fungsi anthocyanin adalah mengatasi peradangan.

4. Jeruk nipis

Kapur dapat berfungsi sebagai pelarut asam. Ini karena jeruk nipis mengandung senyawa asam sitrat. Karena itu, Anda disarankan mengonsumsi air jeruk nipis secara teratur.

5. Buah berry

Berries sangat bagus untuk peradangan. Ini karena buah mengandung zat anti radang. Selain itu, kandungan tinggi vitamin C dalam buah membuat buah berry berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan membantu mengatasi asam urat.

6. Kacang Pinto

Kacang pinto mengandung asam folat tingkat tinggi, yang dapat membantu mengobati asam urat.

7. Buah pisang

Pisang dapat membantu mengatasi peradangan dan nyeri sendi yang disebabkan oleh adanya asam urat tinggi.

8. Salmon

Ikan mengandung omega 3 yang bagus untuk mengatasi encok dengan mengurangi peradangan pada persendian.

9. Ekstrak Biji Seledri

Ekstrak biji seledri dapat membantu mengatasi kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

10. Kentang dan Jagung

Kentang dan jagung dapat membantu menstabilkan kadar asam urat sehingga kadar asam urat dalam tubuh normal.

11. Cokelat Hitam

Kandungan senyawa theobromine dalam cokelat membuat cokelat bermanfaat untuk menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh.


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PortalMadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE