Ini Akibat Anak yang Sering Dibanding-bandingkan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Akibat Anak yang Sering Dibanding-bandingkan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Cara orang tua agar buah hatinya bisa menjadi seperti yang diinginkan kadang harus membanding-bandingkan dengan anakn lain. Meski kelihatannya hal ini bisa membuat jadi termotivasi untuk lebih baik, dampak negatifnya anak bisa tumbuh jadi kurang percaya diri.

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus tahu dan ingat bahwa setiap anak memiliki keistimewaan tersendiri. Mereka punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga tugas orang tua yaitu membantu mengembangkan potensi yang dimilikinya, agar bisa terarah pada hal-hal baik dan bermanfaat.

Saat anak dibanding-bandingkan dengan yang lainnya, dia bisa meragukan dirinya sendiri. Dia merasa jadi anak yang tidak berharga. Bahkan bisa gampang cemburu pada anak-anak lain. Rasa cemburu yang dirasakan anak bisa berdampak negatif berubah jadi rasa benci dan membuatnya jadi lebih agresif. Sebagai orang tua, jelas kita tidak menginginkan hal yang seperti ini, kan?

Terlalu sering dibanding-bandingkan, anak akan meragukan potensi yang dimilikinya. Dia jadi makin sulit untuk mengekspresikan atau menampakkan kelebihannya atau kemampuannya di depan orang lain. Kalau hal ini dibiarkan terus menerus, nantinya dia bisa jadi kehilangan rasa percaya diri.

Mulai dari sekarang, yuk moms kita semangati anak untuk berani menunjukkan kemampuan dan potensi terbaiknya. Selalu dampingi buah hati tercinta untuk bisa jadi pribadi mandiri dan percaya diri hingga dewasa nantinya. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.