Tak Berkategori  

Ini Alasan Planet Mars Berwarna Kemerahan

Avatar of PortalMadura.com
Ini Alasan Planet Mars Berwarna Kemerahan
ilustrasi (Liputan6.com)

PortalMadura.Com – Salah satu penghuni tata surya yang memiliki julukan planet merah, yaitu Mars. Julukan tersebut diberikan karena planet Mars sering kali muncul di langit sebagai “bintang” merah jingga.

Ternyata di luar itu semua, setelah kunjungan berbagai pesawat ruang angkasa ke Mars, mereka mengetahui penampilan planet tersebut memang berwarna merah. Lalu, dari mana warna kemerahan itu berasal?.

Menurut Badan Antariksa Eropa (ESA), warna merah itu disebabkan oleh partikel karat atau oksida di bebatuan Mars. Ditambah lagi, langit Mars juga sering tampak berwarna merah muda atau oranye terang. Hal ini karena debu partikel karang di permukaannya tertiup ke atmosfer tipis Mars.

Dua sebab itulah yang bisa menyebabkan warna Mars terlihat dari Bumi menjadi merah jingga. Lantas, dari mana karat itu berasal?.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, warna merah planet Mars akibat partikel karat. Tapi, dari mana partikel itu berasal?. Semua tersebut bermula pada 4,5 miliar tahun lalu. Ketika tata surya terbentuk, banyak planet tercipta dari elemen besi. Jika di Bumi, elemen itu kemudian tenggelam di inti planet dan meleleh.

Baca Juga: Kenapa Manusia Tidak Mampu Hidup di Planet Mars? Ini Alasanya!

Namun, menurut ilmuwan NASA, hal itu tidak terjadi pada planet Mars. Ukuran Mars yang lebih kecil dari Bumi dan gravitasinya yang lebih lemah, memungkinkan planet tersebut tidak menenggelamkan besi itu. Akibatnya, ada besi yang tetap melimpah di lapisan atas planet tersebut.

Kisah selanjutnya adalah terjadi semacam pelapukan besi di permukaan Mars secara bertahap dan merusak. Pelapukan itu terjadi karena ada paparan oksigen pada besi di permukaan Mars.

Perlu diketahui, bahwa paparan oksigen menciptakan senyawa besi oksida atau partikel karat. Inilah yang membuat planet Mars menjadi kemerahan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.