Ini Cara Hidup Hemat di Era Digital

Avatar of PortalMadura.com
Ini Cara Hidup Hemat di Era Digital
Ilustrasi

PortalMadura.Com– Seiring perkembangan zaman, semua hal dapat dilakukan dengan mudah seperti berbelanja. Anda tidak harus pergi ke pusat perbelanjaan hanya untuk membeli pakaian ataupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Anda dapat melakukannya hanya dengan sekali klik dengan menggunakan situs online yang tersedia. Namun, di zaman yang serba mudah di era digital ini, terkadang dapat membuat ketagihan.

Dengan penawaran- penawaran yang menggoda, tentunya hal ini dapat membuat Anda semakin sulit untuk menghemat biaya. Bila dilakukan tanpa kontrol diri yang kuat, dapat menciptakan kebiasaan finansial yang buruk dan tentunya dapat berdampak pada masa depan Anda.

Bagaimana cara kita berhemat di zaman era digital ini ? berikut tips di zaman era digital :

1. Tetapkan Anggaran

Mulai dengan menetapkan anggaran dan tujuan yang jelas, biasakan menghemat uang dengan memprioritaskan hal yang penting.

Siapkan simpanan reguler dan otomatis ke rekening dan investasi Anda, baik langsung dari gaji atau dari rekening giro Anda. Lakukan autodebit, atau pemotongan langsung agar uang tidak segera habis.

Hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam proses menabung.

2. Meminta Orang Terpercaya Sebagai Pengamat

Menurut sebuah studi di MIT, memiliki teman dengan sifat dan tujuan serupa dapat menjadi efektif dalam pemberian motivasi. Perencana keuangan profesional juga merekomendasikan agar seseorang menjadi pengamat bagi Anda dalam hal mengamati arus keuangan yang dimiliki.

Dalam hal ini Anda tidak harus mencari pengamat ahli dalam bidang keuangan, cukup seseorang yang dapat mengontrol diri Anda.

Anda bisa meminta bantuan teman dekat, saudara, orang tua, atau bahkan pasangan Anda untuk selalu mengamati pola keuangan Anda.

Tetapkan tujuan penghematan yang dapat dicapai dan mintalah pengamat Anda untuk memantau kemajuan yang ada sekaligus memastikan Anda tetap pada jalur hemat.

3. Belanja Sendiri

Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang teman dapat mempengaruhi gaya hidup kita. Terutama dalam hal berbelanja, dalam suasana yang menyenangkan tanpa kita sadari teman Anda mempengaruhi untuk membeli barang bahkan lebih banyak dari belanjaan teman Anda.

Jadi pastikan untuk menghindarinya jika Anda ingin lebih berhemat untuk ditabung.

4. Bila Anda Mendapatkan Kenaikan Gaji, Naikkan juga tabungan Anda

Saat kita mendapat kenaikan gaji, biasanya hal pertama yang kita lakukan adalah membeli sesuatu yang mahal untuk merayakannya. Mungkin tas, atau tiket pesawat ke destinasi impian. Pembelanjaan untuk perayaan tentunya bukan hal yang salah.

Beberapa penghargaan diri itu sehat. Tapi ingat untuk meningkatkan transfer otomatis bulanan Anda ke tabungan juga.

Mungkin akan menyakitkan sekarang, tapi Anda akan mencapai tujuan keuangan pribadi Anda lebih cepat jika Anda membagikan lebih banyak uang ke tabungan Anda dari usia yang lebih muda.(viva.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.