Ini Dia Cara Jitu Agar Ban Mobil Anda Tetap Awet

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Dia Cara Jitu Agar Ban Mobil Anda Tetap Awet
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan elemen penting dalam kendaraan. Namun kebanyakan orang biasanya lebih memperhatikan bodi mobil dan mesin daripada kondisi ban.

Padahal ban mobil memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi kendaraan. Karena jika ban mobil bermasalah maka tentunya mobil tidak akan dapat berjalan. Oleh sebab itu, pemilik mobil seharusnya lebih rajin dalam merawat mobil agar tetap awet dan tahan lama.

Lantas, seperti apakah merawat ban mobil dengan mudah dan bisa dikerjakan sendiri di rumah?. Berikut ini cara merawatnya:

Cek Tekanan Udara Ban
Besaran tekanan udara ban diatur sesuai standar pabrik. Tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi. Pengecekan tekanan udara ban sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali. Jika tidak memiliki alat ukur tekanan ban, Anda bisa cek di bengkel setiap sebulan sekali.

Pengecekan tekanan sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat suhu udara rendah sehingga udara di dalam ban belum memuai. Isi udara ban berupa gas nitrogen jauh lebih baik dibandingkan dengan isi angin biasa.

Rotasi Ban dan Spooring Ban Secara Rutin
Lakukan rotasi ban depan dan belakang untuk rotasi ini biasanya dilakukan oleh mekanik di bengkel. Rotasi ban bertujuan untuk mencegah adanya tekanan dari ban mobil yang tidak sebanding sehingga keausan ban berbeda-beda waktunya. Di samping itu, spooring ban bertujuan untuk menjaga umur ban.

Menjaga Kebersihan Ban
Jaga kebersihan ban dari kerikil-kerikil atau pasir yang terperangkap di sela-sela pola ban. Sebab, keriril-kerikil dan pasir ini bisa menghasilkan gesekan yang kuat dengan permukaan jalan yang bisa memperberat keausan ban. Terlebih lagi, kerikil-kerikil yang berbentuk tajam bisa menekan masuk ke dalam permukaan ban. Pembersihan ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali sambil memanaskan mesin.

Hindari Lubang Saat Berkendara
Ban yang sering melewati jalan berlubang-lubang atau tidak beraturan akan membuat ban cepat aus. Sering berjalan di atas jalan aspal berlubang-lubang juga membuat oli pada shocbreaker jadi boros yang membuat mobil tidak seimbang. Solusinya, saat diharuskan melewati jalan berlubang-lubang, berjalanlah pelan-pelan.

Tetap Merawat Ban Saat Mobil Tidak Terpakai
Mobil yang jarang dipakai atau sering didiamkan akan membuat ketahanan ban terganggu. Hal ini terjadi karena suhu udara tidak bisa diperkirakan, sedangkan ban tetap menerima risiko pemuaian. Solusinya, lindungi ban dengan cara ditutup atau dibungkus dengan kain atau pembungkus khusus ban.

Itulah beberapa mobil biar tetap awet. Jangan lupa cek dan rawat ban mobil Anda secara berkala yaa. (otomaniaz.com/Qory)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.