oleh

Ini Dia, Diet yang Bisa Cegah Kanker Payudara

PortalMadura.Com – Pola makan atau cara diet memberikan efek yang besar pada kondisi tubuh. Tidak hanya menjadikan tubuh lebih bugar, diet yang tepat bisa cegah beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker payudara.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam JAMA Oncology, menemukan bukti bahwa diet tertentu bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit kanker. Dr. Rowan Chlebowski, prosefor penelitian dari City of Hope National Medical Center dan timnya menganalisis data lebih dari 48 ribu wanita yang mendaftar ke Women’s Health Initiative, sebuah penelitian nasional besar di 40 negara bagian US.

Semua wanita didiagnosa bebas kanker pada awal penelitian namun kemudian, hampir 20 ribu wanita dipilih secara acak untuk mengubah dan menerapkan pola makan tertentu dan menurunkan asupan lemak harian hingga 20 persen dari kalori harian. Mereka juga diminta lebih banyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Sedangkan kelompok wanita lainnya tidak diberikan perlakuan atau instruksi apa pun untuk mengubah pola makan tapi kemudian diberi edukasi mengenai nutrisi dan diet sehat.

Setelah 8,5 tahun, peneliti memeriksa jumlah orang yang terdiagnosis kanker dan melihat penyebab kematian pada beberapa wanita. Peneliti menemukan bahwa di antara wanita yang didiagnosis penyakit kanker payudara, mereka yang termasuk kelompok menjalani diet rendah lemak, mengalami penurunan risiko kematian terkena kanker dan 38 persen mengalami penurunan risiko kematian karena penyakit jantung dibanding wanita yang hanya diberikan edukasi nutrisi.

Ini membuktikan bahwa pengaruh pola makan sehat bisa mempengaruhi tinggi rendahnya risiko serangan kanker pada siapa saja, termasuk pada perempuan dan risikonya terhadap kanker payudara. Peneliti juga mengungkapkan bahwa pasien kanker payudara yang menjalani diet sehat juga memiliki jangka waktu hidup lebih lama dibandingkan yang tidak menjalani hidup sehat.

Itulah mengapa kita harus pandai memilih makanan mana yang baik untuk tubuh. Jadi, tidak mengherankan jika kemudian dokter sebaiknya menerapkan gaya hidup sehat dengan diet makanan-makanan sehat, karena manfaatnya besar untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Anek)