oleh

Ini Dia Komputer Pertama dari 2.264 Tahun Lalu

PortalMadura.com– Antikythera Mechanism Sebuah kalender mekanik kuno, diyakini sebagai komputer pertama di dunia, diduga berasal dari 2264 tahun lalu. Hal ini jauh lebih tua 100 tahun dibandingkan keyakinan penelitian sebelumnya yang meyakini alat untuk mengetahui gerhana tersebut berumur 2164.

Hal tersebut diungkapkan dalam penelitian terbaru  oleh ilmuwan Argentina, dalam penelitian tersebut sistem prediksi kalender gerhana yang terdapat di Antikythera ternyata merekam gerhana yang terjadi pada tanggal 12 Mei tahun 205 BC atau 2264 tahun lalu, seperti yang dilansir Daily Mail (28/11). Sedangkan pada penelitan sebelumnya dengan menggunakan sistem penanggalan karbon umur dari Antikythera 2164 tahun.

Hasil penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas Quilmes tersebut, juga mengungkap mekasnisme perhitungan “Antikythera Mechanism”. Dimana sistem perhitungan yang digunakan adalah aritmatika bangsa Babilonia, bukan trigonometri yang digunakan bangsa Yunani seperti hasil penelitian sebelumnya. Ini juga membuktikan umur Antikythera Mechanism jauh lebih tua dari teknologi bangsa Yunani,

Antikythera Mechanism sendiri ditemukan di sebuah reruntuhan kapal kargo Romawi di sekitar daerah Yunani, berdsarkan catatan sejarah , pada tahun 2008 kalender itu diklaim pernah dipakai untuk merekam kejadian-kejadian penting seperti Olimpiade kuno Yunani.

Kalender Antikythera sendiri diyakini merupakankomputer tertua di dunia karena telah mempunyai sistem pengoperasian otomatis berbasis matematika seperti sebuah komputer. Hal tersebut dibuktikan pada bagian dalam Antikythera tersusun atas 40 gir dan roda yang diyakini dapat menghitung pergerakan dari matahari. Dan penggunaan alat ini berfungsi sebagai penanggalan.

Sedangkan pada bagian luarnya terdiri dari berbagai bentuk peradaban tinggi pada masanya, seperti bagian depan ada bentuk yang menunjukkan 12 zodiak Yunani dan kalender Mesir. Sedangkan di bagian belakang terdapat dua lempengn yang memperlihatkan informasi pergerakan bulan dan gerhana.

Selain itu dalam penelitian yang dilakukan para ilmuan Antikythera bahkan diyakini dapat melacak pergerakan planet-planet lain di tata surya kita, misalnya Mekurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Oleh karena itu, Antikythera Mechanism sangat layak disebut sebagai komputer pertama di dunia. Dan fakta tersebut juga membuktikan bahwa nenek moyang manusia telah mampu membuat peralatan canggih yang memiliki pola kerja rumit untuk membantu pekerjaan manusia. Dimana pada kasus ini terkait penanggalan.


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE