PortalMadura.com

Ini Kelemahan dan Kelebihan Hapus Cache pada Smartphone

  • Sabtu, 30 September 2017 | 15:00
Ini Kelemahan dan Kelebihan Hapus Cache pada Smartphone
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Cache merupakan sebuah memori yang berfungsi untuk mempercepat loading aplikasi atau situs web pada smartphone. Sayangnya, tidak semua pengguna android mengetahui kegunaan cache sehingga jarang menghapus cache. Padahal meskipun ukurannya kecil, cache mampu berjalan dengan cepat dan memiliki peran besar.

Selain memiliki kelebihan, chace juga tidak terlepas dari beberapa kelemahan, salah satunya yaitu membuat memori internal akan cepat penuh. Pasalnya, semakin besar ukuran aplikasi, semakin besar pula penyimpanan yang terkuras oleh cache.

Nah jika Anda bingung ingin menghapus cache atau tidak, ada sejumlah hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda. Berikut penjelasannya:

Efek Baik Menghapus Cache
Salah satu efek baik menghapus cache adalah membuat smartphone terasa lebih ringan. Hal ini berkaitan dengan kepasitas memori internal. Begitu cache dihapus, otomatis ruang dalam memori internal akan bertambah dan membuat smartphone terasa lebih nyaman digunakan.

Baca Juga:  Dongeng Digital Karya Anak Bangsa
Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

Selain itu, aplikasi yang biasanya sering error seperti macet, juga bisa kembali berjalan dengan lebih baik. Tidak jarang pengguna malas menghapus cache karena takut semua data yang tersimpan ikut terhapus dan hilang. Jika Anda adalah salah satunya, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Cache itu hanyalah sampah, sehingga Anda tidak akan pernah kehilangan data apa pun setelah menghapusnya.

Efek “buruk” Menghapus Cache
Walau secara keseluruhan menghapus cache tidak berdampak buruk bagi smartphone, tetapi ada efek lain yang mungkin tidak disukai semua orang. Pasalnya ketika cache dihapus, loading aplikasi akan lebih lama dari sebelumnya.

Hal tersebut sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena sifatnya hanya sementara. Namun memang sedikit menyebalkan jika harus menunggu lebih lama dari biasanya.

Baca Juga:  LG Rilis LG L35 Ponsel Android Kitkat Untuk Pasar Menegah Kebawah

Efek lainnya adalah baterai akan cepat terkuras setelah menghapus cache. Hal ini karena sistem harus memulai lagi dari awal, sehingga membutuhkan tenaga lebih tinggi daripada menyalakan ulang ataupun mengakses memori yang telah tersimpan. Itu sebabnya baterai terasa lebih banyak terkuras setelah melakukan penghapusan cache. (liputan6.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional