Ini Manfaat Konsumsi Sebutir Apel Setiap Hari

Avatar of PortalMadura.com
Ini Manfaat Konsumsi Sebutir Apel Setiap Hari
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu buah yang sangat populer dan banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat. Buah ini memiliki cita rasa yang segar apabila dikonsumsi. Dibalik kenikmatan buah ini ternyata apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Pasalnya, mengonsumsi apel secara rutin minimal satu buah setiap hari dapat menghindarkan Anda dari risiko berbagai penyakit. Sebagaimana yang disampaikan oleh Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Departemen Gizi Masyarakat- FEMA IPB, Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS mengatakan, apel merupakan buah yang kaya serat. Konsumsi satu buah apel telah mencukupi 30 persen kebutuhan serat per hari.

“Karena kandungan seratnya yang tinggi dulu orang makan apel dengan kulitnya. Sekarang saya tidak menganjurkan dengan kulit karena khawatir mengandung bahan pelapis lilin dan paparan pestisida yang justru dapat menimbulkan masalah baru bagi kesehatan. Kalau apel organik tidak masalah,” ungkapnya.

Mengonsumsi apel juga dapat menurunkan angka kolesterol, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, hingga menjaga kulit tetap halus dan awet muda. Semua manfaat ini, lanjut Prof Ahmad, bersumber dari kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam buah apel.

“Apel mengandung asam organik. Asam-asam ini memiliki sifat antioksidan sehingga dapat menurunkan risiko peradangan yang memicu berbagai penyakit degeneratif. Selain itu apel juga kaya vitamin. Terutama vitamin larut air,” ungkap dia.

Menurutnya, salah satu jenis apel yang memiliki nilai gizi tinggi adalah apel Malang. Alasannya, apel Malang cenderung tidak membutuhkan waktu lama untuk didistribusikan ke berbagai daerah sehingga tidak menggunakan bahan pengawet tambahan yang dapat memicu berbagai risiko kesehatan.

“Beda dengan Apel Washington, itu kalau pakai kapal laut bisa tiga minggu baru sampai. Tapi sebelum didistribusikan, apel Washington itu bisa disimpan enam bulan sampai dua tahun kok bisa awet, ya itu karena disimpannya di suhu rendah. Lalu dia pakai lilin dan fungsida agar tahan lama dan bebas jamur. Ini yang berbahaya bagi kesehatan,” tandasnya.

Selain itu, mengonsumsi apel Malang dari segi ekonomi mendukung hasil panen petani lokal yang dapat meningkatkan kesejahteraannya. Jadi, yuk konsumsi apel produksi dalam negeri. (suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.