Ini Manfaat Puasa Bagi Lansia Yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Manfaat Puasa Bagi Lansia Yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk menghimpun pahala dengan mengerjakan berbagai amalan ibadah, salah satunya yaitu berpuasa. Orang-orang yang sudah berusia lanjut pun banyak yang masih ingin menunaikan ibadah .

Hal ini, karena usia lanjut bukan penghalang untuk menjalankan ibadah puasa. Bahkan penelitian membuktikan, bahwa puasa bermanfaat dan berpengaruh baik untuk lansia. puasa bagi lansia antara lain baik bagi fungsi ginjal, mengatasi kelebihan lemak, dan menghalau radikal bebas.

Menurut konsultan Geriatri, Dr Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger, FINASIM mengatakan, bahwa masih banyak yang berpikiran keliru mengenai lansia tidak sanggup untuk puasa. Padahal lansia yang bugar dan mampu berpuasa boleh melaksanakan ibadah tersebut.

“Orang-orang yang berusia lanjut banyak mendapat manfaat dan pengaruh baik terhadap fungsi ginjal, lemak, dan radikal bebas,” ujarnya.

Terutama, asupan cairan selama puasa Ramadan berdampak baik untuk fungsi ginjal lansia.

“Asupan cairan yang masuk saat bulan Ramadan membuat fungsi ginjal membaik pada hari ke-28 Ramadan dan hari ke-14 setelah Ramadan,” jelasnya. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.