Ini Penyebab Anda Sering Tak Nafsu Makan Saat Sakit

Avatar of PortalMadura.com
Ini Penyebab Anda Sering Tak Nafsu Makan Saat Sakit
Ilustrasi (Solopos.com)

PortalMadura.Com – Saat , sering kali seseorang disarankan untuk minum obat. Sebelum itu dilakukan, tubuh membutuhkan asupan makanan agar tidak semakin lemah. Tapi sayangnya, dalam keadaan sakit seseorang kerap kehilangan nafsu makan.

Padahal, dengan tidak enggannya makan itu justru bikin tubuh semakin lemah dan kemungkinan akan sulit sembuh. Lalu, kenapa hilang nafsu makan di kala sakit?.

Untuk mengetahu jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini:

“Saat kamu sakit, ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh kamu. Salah satunya adalah diproduksinya hormon sitokin yang menyebabkan nafsu makan kamu menjadi turun,” jelas ketua divisi dari Preventive, Occupational, and Aerospace di Mayo Clinic, Dr Donald D. Hensrud, MD, MPH,.

Lebih lanjut, Hensrud juga menjelaskan bahwa mencerna makanan membutuhkan energi. Sebaliknya saat Anda sakit, tubuh jadi sangat lemah karena cadangan energi yang tidak maksimal. Hal Itu lah yang membuat tubuh menjadi semakin lemah karena tidak mempunyai cadangan energi yang dihasilkan dari makanan.

Tidak makan justru dapat membuat penyakit Anda semakin parah. Selain itu, tubuh yang lemas dengan energi yang kosong akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Dampak dari kurangnya makanan, penyakit dan virus mudah menyerang tubuh Anda. Itulah sebabnya, Anda tidak boleh menuruti nafsu makan yang menurun ini dan harus tetap makan.

Untuk mengatasi masalah ini, pilihlah makanan yang memang paling Anda incar atau sukai. Lebih baik lagi jika makanan tersebut berasal dari bahan alami seperti buah, sayur, atau gandum yang mempunyai rasa alami.

Baca Juga : Bun, Lakukan 5 Hal ini Agar Si Kecil Tak Susah Makan

Hal paling penting yang harus dilakukan ketika Anda sakit adalah tetap makan walau tubuh sakit. Selain itu, jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.