oleh

Ini Resep Sop Buntut Sapi yang Lezat Dinikmati Saat Musim Hujan

PortalMadura.Com – Kuah sop menjadi salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Rasanya yang segar di lidah membuat sajian ini disukai banyak orang. Salah satu jenis sop yang terkenal yaitu Sop Buntut Sapi.

Membuat sop ini membutuhkan banyak bahan-bahan. Tapi cara pembuatannya mudah kok, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Jika Anda berminat, berikut ini langkah-langkah resepnya:

Bahan-bahan:

Buntut sapi sejumlah 1 buah
Bawang merah sejumlah 6 siung
Bawang putih sejumlah 3 siung
Kentang berukuran sedang sejumlah 5 buah
Wortel sejumlah 5 buah
Bunga lawang kering sejumlah 2 buah
Cengkeh sejumlah 3 butir
Kapulaga sejumlah 4 butir
Kayu manis sejumlah ¼ batang
Garam halus secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
Minyak goreng untuk menumis

Bahan-bahan untuk taburan:

Bawang goreng
Daun bawang yang telah diiris tipis

Cara Membuat Sop Buntut Sapi :

Loading...

Pertama, kupas dan potong-potong kentang dan wortel, sisihkan. Cacah bawang merah dan bawang putih sampai halus. Lalu tumis dengan menggunakan minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya.

Kemudian, tambahkan garam sedikit saja. Tumis hingga tercium aroma harum, lalu matikan api. Setelah itu, buntut sapi dibersihkan lalu direbus dengan tambahan tumisan bawang merah dan bawang putih tadi.

Jika airnya hampir mendidih, masukan bunga lawang kering, cengkeh, kapulaga, kayu manis, garam halus, merica bubuk, dan gula pasir. Lanjutkan merebusnya.

Setelah tercium aroma kayu manis, angkat kayu manis tersebut dari air rebusan buntut sapi. Lanjutkan memasak buntut sapi hingga 2,5 jam.

Masukan kentang dan wortel, dan masak lagi hingga buntut sapi lunak. Jika buntut sapi telah lunak, segera matikan kompor dan pindahkan sop buntut sapi ke dalam wadah saji atau mangkuk.

Terakhir, beri taburan berupa bawang goreng dan irisan daun bawang. Agar buntut sapi cepat empuk atau lunak, disarankan untuk menggunakan panci presto saat merebusnya.

Jika merebus dengan menggunakan panci presto, kemungkinan Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam untuk mengempukan buntut sapi. Selamat mencoba. (resepnasional.com/Putri)


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE