oleh

Ini Surat Edaran Penjelasan Batasan 2 Kali Menjabat di PPK dan PPS serta KPPS

PortalMadura.Com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur menerima surat edaran (SE) nomor 183/KPU/IV/2015 tentang penjelasan anggota PPK, PPS dan KPPS belum pernah menjabat 2 kali.

“KPU sudah menerima surat edaran soal batasan dua kali menjabat itu kemarin,” jelas Ach Subaidi, Komisioner KPU Sumenep, Selasa (28/4/2015).

Ia menuturkan, dalam surat edaran itu dijelaskan, yang dimaksud belum menjabat dua kali itu sesuai periode pemilu yakni 5 tahun, misalnya dari Pilkada ke Pilkada.

“Jika pernah menjadi PPK, PPS atau KPPS tahun 2005 dan 2010, maka tahun ini sudah tidak boleh mendaftar,” ujarnya.

Loading...

Ia menerangkan, untuk rekrutmen PPK kali ini, banyak mantan anggota PPK yang tidak mendaftar lagi karena mungkin khawatir batasan dua kali menjabat itu berlaku untuk semua pemilu.

“Tapi ada juga mantan anggota PPK lama yang mendaftar dan sampai hari terakhir pendaftaran tercatat 745 orang yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes selanjutnya,” tegasnya.

Masa pendaftaran sebagai anggota PPK, KPU menjadwalkan mulai tanggal 21 hingga 26 April. Untuk kecamatan/kepulauan Sapeken dan Kangayan diperpanjang hingga tanggal 28 April karena didua kecamatan itu pendaftarnya kurang dari 10 orang.

Masa jabatan bupati dan wakil bupati Sumenep akan berakhir pada bulan Oktober 2015 dan Pilkada dijadwalkan digelar tanggal 9 Desember 2015. (arifin/choir).



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar