oleh

Inilah 2 Faktor AC di Rumah Anda Cepat Rusak

PortalMadura.Com – Mayoritas orang yang hidup di perkotaan hampir semuanya menggunakan Air Conditioner (AC). Bahkan di zaman sekarang ini, AC sudah tidak sepenuhnya dianggap barang mewah lagi.

Apalagi harga AC yang bervariasi, tentu mempermudah masayarakat untuk memilih penyejuk ruangan yang tepat, termasuk pertimbangan memilih AC hemat daya. Hal ini, agar konsumsi listrik yang Anda gunakan tidak terlalu besar.

Sayangnya, tidak semua produk AC bisa tahan lama. Selain kualitas, penggunaan AC yang kurang tepat juga dapat mendatangkan kerusakan lebih cepat.

Berikut dua penyebab AC di rumah Anda cepat rusak:

Tegangan Listrik di Rumah yang Tidak Stabil
Tegangan listrik yang tidak stabil sepertinya cukup umum jika kerap menyebabkan peralatan elektronik cepat rusak, tidak terkecuali AC. Apabila tengan listrik di rumah tidak stabil, hal ini dapat menyebabkan perangkat dalam AC bermasalah. Dengan tegangan listrik yang naik turun, kompresor AC akan lebih mudah mengalami kerusakan.

Lebih jauh, rangkaian PCB AC juga tidak luput terkena imbasnya. Sebab, bagian tersebut merupakan penampang rangkaian listrik dalam AC. Berulang kali terkena imbas listrik di rumah yang tidak stabil, bisa saja membuat PCB terbakar maupun mengalami kerusakan, bahkan untuk AC lowwatt sekalipun.

Debu dan Karat yang Menerpa AC
Mustahil rasanya hidup di perkotaan tanpa terkena debu. Jika manusia saja dapat batuk kala menghirup debu, maka AC pun dapat mengalami imbas pula. Terlebih ukuran debu yang ekstra kecil, membuatnya sulit disadari saat masuk ke dalam AC.

Padahal meski sepele, dampak kerusakan pada AC yang ditimbulkan oleh debu ini bisa mengenai bagian dalam maupun luar. Tidak terkecuali kondensor yang berada di bagian luar. Jika jarang dibersihkan, kondensor akan mengalami kerusakan serius, seperti kebocoran pada unit AC.

Selain debu, karat juga menjadi masalah serius penyebab AC di rumah cepat rusak. Selain bagian luar, karat juga bisa menyerang bagian vital dari AC, termasuk PCB. Apalagi modul ini sebagian besar berada pada unit luar AC, sehingga riskan mengalami kerusakan.

Maka dari itu, agar AC di rumah Anda tidak cepat rusak, dua hal di atas harus dihindari. (merdeka.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar