Inilah 3 Cara Bantu Anak Memaafkan Kesalahan Temannya

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 3 Cara Bantu Anak Memaafkan Kesalahan Temannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik anak remaja yang tingkat emosinya masih belum stabil merupakan kewajiban orang tua. Apalagi saat mereka mengalami masalah dengan temannya, sehingga terkadang sulit memaafkan orang yang pernah berselisih dengannya.

Nah, bila hal ini terjadi pada anak remaja Anda atau remaja terdekat Anda, bantu mereka berdamai dengan orang lain. Lantas, bagaimana caranya?.

Menurut seorang Psikolog Keluarga, Roslina Verauli, ada beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua untuk menangani anak remaja seperti ini. Berikut ini ulasannya:

Bantu Memahami Permasalahan dalam Hubungan
Bantu anak untuk melihat suatu hubungan dengan perspektif yang lain. Agar anak tahu bahwa dalam setiap hubungan memang wajar terjadi perselisihan.

“Bantu anak memahami bahwa yang pertama relationship itu dinamis . ‘Dinamis, seperti papa mama dan adek-adek kamu. Kadang kita berantem dan besokannya kita sudah baikan lagi. Tadi pagi berantem, siangnya sudah mesra’,” jelas Vera.

Bantu Memahami Situasi
Hal kedua adalah bantu anak untuk memahami situasinya. Terkadang dalam situasi tertentu memang memungkinkan seseorang terlibat perselisihan. Namun, bukan berarti hal itu tidak dapat diperbaiki bersama.

Bantu Memahami Permasalahan
Ketiga adalah bantu anak untuk mengingat kembali masalah apa yang membuat mereka bertengkar. Jangan sampai hanya karena emosi sesaat, hubungan pertemanan menjadi rusak selamanya.

Kebanyakan anak remaja tidak betul memahami masalah yang membuat dia dan temannya berselisih. “Karena yang diingat adalah pertengkarannya dan menjadikan temannya sebagai objek kemarahan. Lupa bahwa sebetulnya adalah objek kita isunya yang harus diberantas,” pungkas Vera. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.