Inilah 3 Cara Jitu Atur Berbagai Suara di Smartphone

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 3 Cara Jitu Atur Berbagai Suara di Smartphone
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada perangkat smartphone terdapat pemutar beberapa jenis suara atau audio. Audio-audio itu di antaranya adalah nada dering, notifikasi, alarm, suara saat menelpon, dan media seperti lagu atau video, yang memiliki suara yang berbeda-beda.

Namun, ada momen di mana ketika Anda sudah mengecilkan sebuah volume, ternyata saat Anda memutar video atau lagu justru suaranya masih sangat kencang malah nada deringnya sangat pelan. Sebenarnya, hal ini disebabkan pengaturan suara yang kurang pas. Untuk itu, Anda perlu mengatur volume berbagai suara di smartphone Anda.

Baca Juga

Berikut tiga cara mudah mengatur berbagai suara di ponsel Anda:

Masuk ke Menu ‘Pengaturan’
Untuk melakukan konfigurasi di perangkat smartphone, semua pilihan menu konfigurasi terdapat di halaman ‘Pengaturan’ atau ‘Setting‘. Langkah pertama adalah masuk ke menu tersebut lewat dua cara.

Pertama, lewat ikon ‘sekrup’ yang ada di barisan notifikasi yang muncul dengan menyapukan jari Anda pada layar smartphone dari bagian atas layar ke bawah. Nanti, Anda akan melihat ikon bergambar ‘sekrup’ yang berada di sudut pojok kanan atas.

Cara kedua, yaitu masuk ke halaman ‘Pengaturan’ atau ‘Setting‘ lewat ikon yang berada di halaman homescreen perangkat Anda.

Temukan Menu ‘Pengaturan Suara’
Apabila Anda sudah masuk ke halaman ‘Pengaturan’, maka Anda akan menjumpai sederet menu konfigurasi yang berdasarkan bagian-bagian pada smartphone. Untuk melakukan pengaturan volume tentu saja hal tersebut harus dilakukan pada konfigurasi audio atau suara.

Biasanya, menu tersebut diwakili dengan pilihan ‘Sound‘ dan ikon bergambar ‘pengeras suara’. Jika Anda sudah menemukannya maka masuk ke pilihan tersebut. Anda akan menjumpai banyak sekali konfigurasi terkait audio, tidak hanya volume, tetapi memilih audio yang digunakan untuk beragam notifikasi, mulai dari nada dering, notifikasi SMS, notifikasi aplikasi, dan lain-lain.

Pilih Menu ‘Volume’
Nanti di dalam menu pengaturan audio atau ‘Sound‘ Anda juga akan menemukan sebuah menu bernama ‘Volumes‘. Pilih menu tersebut untuk menemukan halaman yang berisi pengaturan volume untuk berbagai jenis audio atau suara di perangkat Anda.

Jika Anda berhasil menemukannya, maka Anda akan melihat sebuah tampilan berisi pengaturan volume dengan beberapa buah tombol geser. Umumnya, di kebanyakan smartphone, pembagian pengaturan volume suara terbagi atas 4, yakni nada dering, media atau musik/video, alarms, dan call atau suara saat melakukan panggilan. (metrotvnews.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.