Inilah 3 Kewajiban Umat Muslim Terhadap Alquran

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 3 Kewajiban Umat Muslim Terhadap Alquran
ilustrasi

PortalMadura.Com – Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah SWT Kepada Rasulullah dengan perantaraan malaikat Jibril, sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi .

Sebagai umat muslim, kita harus menyadari bahwa mengagungkan Alquran merupakan bentuk pengagungan terhadap Dzat Yang Berfirman (Allah  SWT). Selain itu, kita juga memiliki kewajiban terhadap Alquran.

Berikut tiga kewajiban umat muslim terhadap Alquran:

Mengimani Alquran
Sebagai seorang muslim tentu kita harus mengimani Alquran sebagai kitab suci umat Islam, kalam Allah yang diturunkan kepada Rasulullah melalui malaikat Jilbril. Iman kepada Alquran merupakan tanda sempurnanya iman.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Alquran tentang ciri-ciri orang yang bertakwa, yaitu: “dan mereka yang beriman kepada Kitab (Alquran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat,” (QS. Al-Baqarah: 4).

Mempelajari Alquran
Sudahkah Anda mempelajari Alquran yaitu membacanya, kemudian menghafalkan dan mentadaburinya (memahami)?.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Bacalah Alquran, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang yang membacanya…” (HR Muslim).

Allah SWT berfirman: “Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran,” (QS. Shad: 29).

Mengamalkan Alquran
Kewajiban seseorang yang telah mengetahui sebuah ilmu. Hendaklah ia mengamalkannya. Suatu ilmu tidak akan berguna jika tidak pernah diamalkan. Karena buah dari ilmu ialah amal.

Oleh karena itu, mengamalkan Alquran yaitu dengan mendakwahkannya. Sebagaimana hadis berikut ini: “Ustman bin Affan r,a berkata: “Bahwa Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya,” (HR. Bukhari). (berbagaisumber/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.