Inilah 4 Cara Tepat Ajarkan Si Kecil Bersihkan Rumah Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 4 Cara Tepat Ajarkan Si Kecil Bersihkan Rumah Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Membiasakan untuk mau membantu membersihkan rumah sejak dini memang kewajiban orang tua. Dengan begitu, si kecil bisa mandiri, seperti membuat jadwal, mulai dari kapan waktu yang tepat untuk membersihkan rumah, hingga area yang akan dibersihkan.

Akan tetapi perlu orang tua ketahui, mengingat postur tubuh Anak berbeda dengan Anda, begitu pula dengan imunitas tubuhnya yang belum sesempurna Anda, tetapkan aturan saat mengajaknya membereskan rumah.

Berikut empat cara tepat mengajarkan anak sejak dini:

Area Tertentu
Pilihlah area yang berada di bawah, bukan lokasi yang tinggi. Seperti membersihkan lemari atau rak dinding sebagai bagian anak.

Selain itu, tugas anak hanya merapikan bagian yang terlihat jelas. Misalnya, anak bertugas merapikan mainan, majalah, buku, atau bantal kursi yang berserakan di atas karpet.

Tugas lainnya adalah meletakkan pakaian kotor miliknya sendiri ke dalam ranjang pakaian.

Hindari Area Ini
Sebaiknya, jangan mengajak anak saat Anda membersihkan kamar mandi, garasi, dan dapur. Boleh dibilang area ini merupakan area yang tinggi risiko kecelakannya.

Contoh, area kamar mandi cenderung licin dan banyak pernik-perniknya, seperti gelas untuk tempat sikat gigi, sabun, bahan kimia tertentu.

Garasi biasanya menjadi tempat menyimpan perkakas berat yang jika jatuh berisiko menimpa tubuh anak, sementara dapur banyak tersimpan benda tajam.

Hindari Air di Dalam Ruangan
Boleh saja Anda melibatkan anak dalam pekerjaan yang menggunakan air, namun pilih yang aman dan berada di luar ruangan.

Misalnya, mengajaknya menyiram tanaman atau membantu Anda mencuci mobil. Jangan libatkan anak juga dalam kegiatan di dalam rumah yang menggunakan air, seperti mengepel, mengelap area yang sudah dijangkau, mencuci pakaian, dan membersihkan lantai kamar mandi.

Selain malah membuat ruangan semakin berantakan, si buah hati juga berisiko cedera karena terpeleset, juga keracunan bahan kimia. Anda boleh saja mengajaknya mencuci piring tapi pastikan Anda tetap memerhatikannya.

Cek Kondisi Kabel
Sebelum memulai kegiatan Anda, perhatikan kondisi kabel dan jaringan listrik di rumah. Sebaiknya, tidak ada kabel yang menjuntai atau terhampar panjang di lantai rumah.

Pastikan juga kondisi stop kontak tidak ada yang terbuka. Anak yang berjalan mondar-mandir berisiko tersandung dengan kabel-kabel itu. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.