Inilah 4 Faktor Penghalang Rezeki Yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 4 Faktor Penghalang Rezeki Yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi (sebarhidayah.com)

PortalMadura.Com – Sebagai hamba Allah SWT, kita telah diciptakan secara sempurna dengan segala kelengkapannya, termasuk bagian rezeki. Rezeki merupakan perkara yang sudah ditetapkan oleh Allah bahkan sebelum manusia terlahir ke dunia.

Namun rezeki itu seperti halnya jodoh dan kematian, hanya menjadi rahasia Allah yang tidak bisa kita terka. Meski sudah bekerja keras dan berusaha, tetap saja hasil akhirnya Allah yang menentukan.

Jadi, selain mengetahui cara menjemput rezeki. Kita pun harus tahu faktor penghalang rezeki yang menghambat saluran rezeki dari Allah kepada kita selaku hamba-Nya. Meski begitu, semuanya sudah ada dalam ketetapan Allah.

Tidak hanya sekedar mengetahui saja, melainkan kita pun harus mengupayakan dengan maksimal apa yang menjadi penghalang datangnya rezeki sehingga bisa segera diperbaiki ataupun dihindari. Dengan begitu, upaya untuk menjemput rezeki bisa lebih optimal dan tentunya mendapatkan keberkahan dari Allah.

Berikut empat faktor penghalang rezeki:

Bermalas-Malasan
Sesungguhnya sifat malas merupakan salah satu sifat setan yang harus kita hindari. Setan memang akan senantiasa membisikkan rasa malas kepada setiap hamba agar saat disuruh untuk beribadah, mereka akan terpaksa bahkan enggan melaksanakannya.

Begitu pun dalam menjemput rezeki, dimana setan akan berusaha sekuat tenaga agar kita sebagai kepala rumah tangga menjadi malas-malasan ketika bekerja. Alhasil, rezeki yang diharapkan sirna dan keluarga yang dibangun terperosok dalam kemiskinan. Bahkan bisa lebih dalam lagi yakni masuk dalam kekufuran. Tidak jarang, banyak rumah tangga yang kokoh bisa hancur karena minimnya rezeki dan itu merupakan langkah Iblis untuk merusak pondasi Islam dalam keluarga.

Buruk Sangka kepada Allah
Penghalang rezeki dalam Islam yang kedua, yaitu buruk sangka kepada Allah sebagai pemberi rezeki. Manusia mulai kehilangan kepercayaan akan kepastian rezeki yang Allah siapkan dan menganggap bahwa Allah tidak adil dalam memberikan rezeki.

Sungguh Allah mengetahui apa yang terucap dari lisan dan hati setiap hamba. Keputus-asaan yang dirasakan justru akan menghantarkan diri dalam kekufuran dengan tidak pernah bersyukur atas apa yang diberikan-Nya.

Allah berfirman: “Sesungguhnya tidak berputus asa dari rahmat Allah, kecuali orang yang kafir,” (QS Yusuf 87).

Saat harapan manusia telah sirna kepada Allah, seketika itu juga semangat berbuat kebaikan akan perlahan-lahan hilang. Semua yang ada dalam benaknya hanya su’udzon (buruk sangka) dan menyalahkan orang lain tanpa memandang kesalahan sendiri. Lambat laun apa yang dilakukan akan membuat hati semakin keras dan bertambah keras. Walhasil, manusia akan mengkhianati apa yang Allah perintahkan dengan melanggar semua aturan-Nya.

Selain itu karena telah putus asa, rezeki yang di depan mata pun dibiarkan begitu saja karena dalam benaknya terucap, “Peluang ini sudah pasti gagal. Hanya buang-buang waktu dan tenaga saja”.

Rakus Terhadap Dunia
Rakus kepada kehidupan dunia dengan iming-iming dan imajinasi yang disiapkan oleh setan. Kerakusan tidak akan membuahkan kebaikan apapun dan hanya mengundang keburukan yang amat besar. Bahkan karena sifat ini, manusia bisa binasa tanpa amal kebaikan sedikit pun.

Boros dan Kikir
Penghalang rezeki dari Allah yang terakhir, yaitu sikap boros dan kikir. Kedua sifat ini merupakan sifat yang dibisikkan setan untuk menjerumuskan manusia dalam kekufuran. Manusia seperti ini akan boros untuk dirinya dengan menghamburkan-hamburkan dalam makan, pakaian dan berkendaraan. Semua terus ia lakukan hingga kemiskinan menghampirinya.

Ia pun akan kikir untuk menyalurkan apa yang dititipkan Allah untuk kebaikan agama. Ia benar-benar lupa bahwa harta tersebut adalah milik Allah dan sudah seharusnya digunakan untuk jalan Allah. Kekikiran hanya akan membuat ia dibenci dan mati dalam keadaan mengenaskan.

Keduanya menjadi pemusnah generasi terdahulu dan generasi mendatang dikarenakan tidak ada sedikit pun kebaikan di dalamnya.

Maka sudah sepantasnya jika penghalang rezeki tersebut harus selalu kita waspadai dan hindari. Dengan begitu, Allah akan melimpahkan rezeki-Nya kepada kita semua dengan penuh keberkahan. (pintarin.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.