Inilah 4 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 4 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Alquran merupakan kalam (perkataan) Allah SWT yang memiliki bahasa begitu tinggi dan tidak diragukan kebenarannya. Setiap surah-surah-Nya memiliki keagungan, manfaat dan keutamaan tersendiri. Salah satunya, yaitu .

Surah Al Kahfi adalah salah satu surah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam. Surah ini juga dianjurkan oleh Rasulullah untuk dibaca umat muslim pada atau malam Jumat.

“Barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi di hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat,” (HR. An Nasa'i dan Baihaqi).

Sebenarnya tidak harus di hari Jumat saja, namun sangat dianjurkan pada hari tersebut. Karena, hari Jumat adalah hari yang baik bagi umat Islam di seluruh dunia.

Surah Al Kahfi berjumlah 110 ayat dan menempati urutan ke 18 dari 114 surah yang ada dalam Alquran. Selain itu, surah ini termasuk surah Makiyyah, atau surah yang diturunkan di Kota Makkah.

Inilah 4 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat

Berikut empat keutamaan membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat atau malam Jumat:

Dapat Melindungi Anda dari Dajjal dan Segala Fitnahnya

Konon, dalam beberapa riwayat hadis, makhluk bernama Dajjal itu adalah seburuk-buruk makhluk yang pernah ada. Ada yang meriwayatkan dia bermata satu dengan kulit warna merah, ada juga yang meriwayatkan dia berbadan besar dan akan muncul dari Segitiga Bermuda.

Bahkan, ada pula yang mengatakan bahwa dia adalah sebuah makhluk yang memiliki tulisan “Kaf Fa Ro” yang artinya “Kafir”.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan: “Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar,” (HR Ahmad).

Oleh karena itu, salah satu keutamaan dan manfaat dari membaca surah Al Kahfi setiap hari Jumat atau malam Jumat salah satunya adalah menghindarkan Anda dari fitnah keji Dajjal. Karena, fitnah Dajjal sangat kejam, dan dapat membawa Anda kepada kesesatan dan neraka Jahanam.

Hal tersebut diperkuat dengan hadis berikut ini: “Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR Dailami).

Akan Mendapatkan Cahaya Penerang dari Allah SWT

Dalam kehidupan ini, apa yang membuat hidup Anda penuh keberkahan dan ketentraman adalah ketika Allah telah rida terhadap apa-apa yang Anda perbuat di muka bumi ini. Dengan mendapat rida dari Allah, maka hati Anda akan merasa damai dan tentram dalam menjalani hidup ini.

Maka dari itu, salah satu manfaat membaca surah Al Kahfi dengan rutin di hari Jumat atau malam Jumat adalah agar Allah selalu melindungi hidup Anda dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan ini. Sehingga, walaupun ujian dan cobaan datang, Anda tetap sabar dan kuat menghadapinya.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan: “Siapa yang membaca surah Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

Anda akan Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT

Setiap manusia pasti tak luput dari dosa dan khilaf. Begitu lihainya setan dalam menjebak manusia untuk berdosa kepada Allah, agar mereka kelak mendapat teman-teman di neraka Jahanam.

Untuk itulah, manusia harus senantiasa bertaubat agar Allah mengampuni dosa-dosa Anda dan tidak memasukkannya ke neraka Jahanam, seburuk-buruk tempat kembali di akhirat kelak.

Salah satu waktu yang paling baik saat memohon ampunan kepada Allah adalah di hari Jumat, dengan taubatan nasuha yang tulus, serta membaca surah Al Kahfi.

Sebagaimana dalam sebuah riwayat, Dari Abu Sa'id al-Khudri r.a, dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat”.

Dapat Menghindarkan Anda dari Gangguan Setan

Setan dan segala keburukan yang dibawa olehnya adalah sebuah ancaman hidup yang harus Anda waspadai. Karena, jika Anda telah jatuh dalam bujuk rayu setan dan termakan oleh semua godaannya, maka Anda akan menjadi pengikut setan dan tergelincir dalam keburukan.

Oleh karena itu, Anda harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan meminta perlindungan dari godaan setan dan segala keburukan kepada-Nya.

Salah satu cara melindungi diri dari godaan setan dan segala keburukannya, menurut anjuran Rasulullah adalah dengan membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau di hari Jumat.

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang dibacakan surah Al Kahfi dan surah Al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.