Inilah 4 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Saat Bangun Pagi Hari Menurut Penelitian

PortalMadura.com - Tak Berkategori
  • Bagikan
Inilah 4 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Saat Bangun Pagi Hari Menurut Penelitian
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda mendengar bahwa perawan tidak boleh bangun siang hari lantaran rezeki yang bisa dipatok ayam?. Ya, ucapan tersebut bukan hanya peribahasa orang tua yang tidak mengandung makna. Orang tua mengajarkan anak perempuannya untuk bangun pagi lantaran ada sisi positif yang bisa dilakukan. Pasalnya menurut penelitian, bangun lebih pagi mempengaruhi banyak hal di dalam hidup.

Akan tetapi masih banyak orang yang menganggap bahwa bangun pagi adalah salah satu hal yang mereka benci. Karena bangun pagi menjadi alasan seseorang untuk mulai menjalankan segala rutinitasnya, seperti bekerja, sekolah, dsb. Tetapi perlu Anda ketahui, bahwa bangun pagi memiliki manfaat yang sangat baik terutama untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya tersebut?. Yuk simak penjelasan berikut ini:

Lebih Ceria
Mereka yang bangun lebih pagi umumnya punya mood yang lebih ceria dan bahagia ketimbang orang-orang yang bangun terlambat. Studi ini dilaporkan dalam jurnal Emotion tahun 2012 di mana ternyata sistem syaraf dipengaruhi kebiasaan bangun pagi ini.

Lebih Aktif
Bangun lebih pagi bukan bikin badan jadi lemas lho, malah justru lebih aktif dan terasa penuh energi. Apalagi jika disertai dengan senam-senam singkat atau sekadar pemanasan. Hal ini dibalas lebih dalam di Journal of Applied Psychology Sosial tahun 2009.

Cenderung Memilih Makanan Sehat
Studi Universitas Northwestern 2011 membuktikan bahwa mereka yang bangun lebih pagi punya kecenderungan memilih makanan sehat. Tingkat BMI-nya juga lebih rendah ketimbang mereka yang kurang tidur dan sering bangun siang.

Tingkat Depresi Lebih Rendah
Penelitian di Jerman pada tahun 2013 menemukan hubungan antara depresi yang lebih tinggi dengan kecenderungan tidur larut malam. Mereka yang tidur cukup dan bisa bangun lebih pagi memiliki tingkat depresi rendah.

Bagaimana?. Masih ingin melanjutkan begadang dan bermalas-malasan hingga siang di tempat tidur?. Lebih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan lho bila Anda jadi morning person. Selamat mencoba. (vemale.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.