Inilah 4 Saran untuk Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 4 Saran untuk Perawatan Kulit Wajah Berminyak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kulit berminyak menjadi salah satu masalah kulit yang umum dialami setiap orang dewasa. Terlebih, bagi wanita karir yang memiliki aktivitas padat, sehingga wajah seringkali menjadi mengkilap karena minyak berlebih. Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan.

Permasalahan yang satu ini disebabkan karena kelebihan sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Sebum merupakan zat lilin yang berfungsi membantu melindungi kulit. Namun, sebum yang berlebihan bisa mengakibatkan kulit wajah jadi berminyak dan rentan terhadap jerawat, bahkan komedo pun akan menyusul.

Untuk mengatasinya, berikut empat saran untuk perawatan :

Cari Sabun Wajah yang Tepat
Saat ini, banyak produk yang mengklaim bisa mengurangi kelebihan minyak, tapi efeknya, kulit justru kehilangan kelembapan alami. Permukaan yang kering justru memicu produksi minyak lebih banyak, sehingga kulit akan semakin berminyak beberapa saat setelah membersihkan wajah.

Pilih yang berformula lembut dan tidak membuat kulit kering. Jika wajah mudah berjerawat, gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid dan hindari yang mengandung ‘soap' atau sabun.

Tetap Pakai Pelembap
Pilih pelembap atau moisturizer bertekstur ringan yang ‘oil-free‘ dan ‘non comedogenic‘. Pilihlah pelembap berbasis gel yang lebih cocok untuk kulit berminyak dibandingkan krim.

Untuk sunblock, jangan pilih SPF terlalu tinggi. Semakin tinggi kandungan SPF, akan semakin banyak pula minyak yang terkandung. Cukup gunakan krim tabir surya dengan SPF maksimal 30.

Masker Lumpur
Clay mask atau masker lumpur kini sudah tidak asing lagi dan banyak produsen skin care yang memproduksinya. Kandungan lumpur mampu membersihkan kulit terdalam dan dapat menyeimbangkan kadar minyak yang ada. Namun perawatan ini tidak dijadikan sebagai perawatan harian. Gunakan perawatan masker lumpur setiap minggu.

Memilih Makeup
Mineral makeup cocok untuk kulit berminyak. Selain kecil kemungkinannya iritasi, mineral makeup juga tidak menimbulkan komedo. Pilih foundation bentuk cair dan bedak tabur untuk rias wajah.

Hindari bedak two-way cake karena bisa menyumbat pori dan membuat kulit lebih berminyak. Blush on bentuk bubuk juga cocok untuk kulit berminyak dibandingkan jenis krim. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.