Inilah 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mulai Renovasi Rumah

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mulai Renovasi Rumah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasuki tahun baru biasanya sebagian orang mulai mendekorasi rumahnya. Seperti menata ulang perabotan, menambah ruang, atau mempercantik halaman.

Sebelum mulai merenovasi, sebaiknya Anda membuat rencana terlebih dahulu. Sebab dengan perencanaan, Anda akan lebih mudah melewati proses pengerjaan. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh gambaran jelas tentang apa saja yang Anda butuhkan selama renovasi berlangsung.

Berikut lima hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda mulai merenovasi rumah:

Buat Rencana
Apabila Anda ingin melakukan renovasi besar-besaran. Identifikasi keinginan Anda dengan jelas, apakah ruangan itu akan direnovasi menjadi lebih besar, lebih kecil, atau hanya sedikit perubahan dekorasi.
Sebagai alternatif Anda dapat mencari referensi desain yang menarik dari berbagai media sosial. Tulis apa yang Anda butuhkan, sehingga mengetahui dengan benar apa yang menjadi tujuan dan kebutuhan Anda sejak awal.

Tuangkan Ide
Jika Anda memiliki tema dekorasi dengan konsep estetika yang spesifik, Anda dapat melihat di beberapa majalah dan menempelkannya pada buku layaknya sebuah kliping. Atau, ketika Anda sedang bepergian dan melihat referensi menarik, tuliskan pada sebuah memo sebagai simpanan ide dekorasi untuk proyek Anda.

Sesuaikan dengan Dana yang Anda Miliki
Setelah Anda memiliki gambaran konsep dan apa saja yang Anda butuhkan, tahap berikutnya adalah menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Aturlah berdasarkan prioritas yang paling Anda butuhkan.

Gunakan Tenaga Ahli
Menggunakan jasa arsitek, atau desainer interior memang memerlukan dana lebih. Namun, hal tersebut dapat membantu Anda dalam jangka panjang. Karena, mereka mengetahui bagaimana memaksimalkan setiap sudut yang ada pada rumah Anda.

Sampaikan keinginan Anda
Jika Anda menggunakan tenaga ahli, yang terpenting adalah sampaikan apa yang menjadi keinginan Anda. Dengan begitu, maka akan terjadi kerja sama yang baik untuk membuat hunian Anda sesuai impian. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.