Inilah 5 Tips Agar Tak Kesepian Saat Menjalani Ramadan Sendirian

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 5 Tips Agar Tak Kesepian Saat Menjalani Ramadan Sendirian
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebersamaan dengan keluarga akan semakin terasa di bulan Ramadan. Biasanya, makan terburu-buru namun kini bisa meluangkan waktu untuk berbuka atau makan sahur bersama keluarga tercinta. Bahkan, salat wajib yang sering dikerjakan sendirian, saat Ramadan jadi ditunaikan secara berjemaah.

Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak bisa merasakan kebersamaan itu. Lantaran kegiatan atau pekerjaan, Ramadan mesti dijalani jauh dari keluarga dan sanak saudara. Sehingga, hal ini membuat kesepian yang justru menemani mereka.

Sesungguhnya mereka tidak perlu merasa demikian, sebab sesama muslim itu bersaudara. Lantas, bagaimana cara agar tidak merasa kesepian meski sedang menjalani Ramadan sendirian?. Yuk, disimak penjelasannya berikut ini:

Nikmati Kesendirian
Ramadan saat yang tepat untuk mendekatkan diri pada Allah. Jadi, nikmati saat sendiri dengan berkonsentrasi meningkatkan iman dan takwa pada-Nya. Sendiri berarti bisa menambah ibadah juga ekstra berdoa.

Cobalah baca buku-buku agama, mengaji Alquran dan tafsirnya atau mendengarkan ceramah yang akan menguatkan iman. Berpalinglah hanya pada-Nya, yang selalu ada saat tidak ada siapa pun di sisi Anda.

Datangi Masjid
Saat Ramadan banyak kegiatan diadakan di masjid atau komunitas muslim di sekitar Anda. Datangi dan cari informasi tentang aktifitas apa saja yang dihelat. Bergabunglah saat salat wajib berjamaah, buka , salat tarawih, atau tadarus.

Selain akan mendapat pahala ekstra, tentu membuat Anda jadi punya teman baru di tempat itu.

Menjadi Relawan
Agar tidak merasa kesepian, coba sedekahkan waktu dan tenaga dengan menjadi relawan di masjid atau komunitas muslim yang ada.

Bisa saja mereka memerlukan tenaga tambahan saat menyiapkan hidangan buka puasa, membersihkan area masjid atau mengawal anak-anak tadarusan. Berkah Anda dapatkan, saudara baru pun mendekat.

Hidangan Andalan
Siapkan sajian khas buka puasa dari daerah Anda dan hantarkan ke tetangga atau teman. Anda juga bisa membawa ke masjid yang mengadakan acara buka puasa bersama. Selain untuk mengenalkan diri dan asal daerah, berkah pun Insya Allah akan berlimpah.

Berbagi Ilmu
Jika Anda memiliki kompetensi untuk berbagi ilmu, cari tahu pada pengurus masjid apa yang bisa dibantu. Adakah kelas menulis untuk remaja agar produktif di bulan puasa, atau berbagi keterampilan kreatif untuk anak atau orang tua.

Jika Anda punya latar belakang agama, kenapa tidak menawarkan diri menjadi salah satu penceramah di kegiatan dakwah. Mungkin dengan mengisi tausiah selepas Subuh berjamaah atau waktu salat lainnya. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.