PortalMadura.com

Inilah 5 Tips Jitu Menjaga Nilai Jual Mobil Agar Tetap Stabil

  • Rabu, 10 Mei 2017 | 15:00
Inilah 5 Tips Jitu Menjaga Nilai Jual Mobil Agar Tetap Stabil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa harga jual kembali mobil akan menjadi turun seiring dengan umur dan masa pakai. Tidak jarang, kondisi ini membuat banyak orang berpikir dua kali sebelum menjual mobilnya.

Akan tetapi, tidak semua jenis mobil mengalami penurunan yang terlampau jauh ketika akan di jual. Bahkan, ada kalanya sebuah mobil menjadi barang langka sehingga harga jualnya pun tinggi.

“Namun, itu pun dengan catatan kualitas mobil yang bersangkutan tetap terjaga,” tutur seseorang analis sebuah lembaga pembiayaan, Putut Widyonarko.

Menjaga kualitas mobil sejatinya tidak membutuhkan ongkos yang mahal. Kuncinya, ketelatenan dan kepedulian. “Sehingga komponen dan aksesoris mobil tetap asli dengan kualitas yang terjaga,” ungkapnya.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk menjaga kualitas mobil agar harga jualnya tidak terlalu jatuh?.

Berikut lima cara menjaga nilai jual mobil supaya tetap stabil:

Merawat Mesin agar Terjaga Kualitasnya
Bagian pertama yang paling diperhatikan calon pembeli adalah mesin mobil yang bersangkutan. Sebagus apa pun kondisi bodi, cat, komponen, maupun aksesori kendaraan itu, bila kondisi mesin tidak bagus maka orang tidak akan berminat.

Oleh karena itu, merawat mesin dengan teratur dan baik adalah kuncinya. Caranya, rajin mengganti oli, air radiator, serta memperlakukan mesin dan mobil dengan baik saat berkendara.

Menjaga Keutuhan dan Keaslian Bodi dan Cat
Bagian bodi mobil yang masih utuh serta cat yang masih asli akan mendongkrak nilai jual mobil. Bagi sebagian besar orang yang mengerti kondisi mobil bagus, keutuhan bodi menjadi indikator bahwa pemilik memperlakukan mobil dengan baik.

Begitu pun dengan cat. Warna pelapis bodi yang masih asli dan masih utuh tanpa goresan sedikit pun menjadi ukuran seperti apa pemilik mobil saat mengemudikan dan memperlakukan kendaraannya itu.

“Mobil yang pernah dicat ulang menimbulkan pertanyaan, apakah kondisi banyak penyok dan baret atau pernah tabrakan,” ujar Putut.

Hari Jadi Sumenep

Selain itu, rawat kelengkapan eksterior, seperti emblem, list bodi, serta sticker cutting yang mungkin ada di bagian bodi. Tidak lupa rawat bagian dek, bagian kabin, maupun kolong mobil sehingga terhindar dari karat dan keropos.

Mencegah Timbulnya Bebunyian di Dalam Maupun di Luar Kabin
Suara aneh atau bebunyian yang ada di dalam kabin maupun di bagian luar terjadi karena adanya gesekan atau tumbukan antar komponen. Penyebabnya, baut yang kendur, kait yang patah, atau bagian antar sambungan yang kering.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengecek secara rutin bagian-bagian tersebut. Selain itu, mengencangkan baut, mengganti yang patah atau rusak, serta memberi pelumas atau grease adalah beberapa cara untuk mencegah timbulnya bebunyian.

Mempertahankan Kenyamanan Kabin dan Suspensi
Kenyamanan kabin biasanya tidak hanya diukur dari jok yang masih utuh saja. Peranti pendingin ruangan (AC) yang masih utuh dan berfungsi dengan baik, sabuk pengaman yang masih utuh, dan berfungsi, merupakan beberapa hal yang menopang harga jual.

Begitu pun dengan audio yang masih terdengar jernih dengan tombol yang tetap terjaga serta aroma kabin yang masih segar. “Dan jangan lupa, kebersihan bagian dalam mobil ini, mulai dari dashboard hingga karpet lantai harus bersih,” tandas Putut.

Kenyamanan dirasa semakin lengkap manakala calon pembeli mengetes mobil dan mendapati peranti suspensi masih oke. Oleh karena itu, mengemudikan mobil dengan baik terutama untuk menghindari bagian kaki-kaki bermasalah merupakan langkah yang tepat.

Kelengkapan Surat
Setelah memastikan kondisi mesin, bodi, cat, hingga berbagai fitur pelengkap mobil, biasanya calon pembeli mencermati kelengkapan berbagai surat-surat kendaraan tersebut. Oleh karena itu, jaga dan simpanlah dengan baik buku BPKB serta Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

Begitu pun dengan buku servis, nota pembelian, faktur pajak, hingga polis asuransi. Pastikan semua dokumen itu dalam kondisi baik dan terawat. (tempo.co/Lala)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional