Inilah 6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Otak Selalu Terjaga Kondisinya

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Otak Selalu Terjaga Kondisinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semakin bertambahnya usia tidak hanya tubuh yang mengalami perubahan, namun otak pun akan mengalami penuaan. Penyebabnya bisa dari berbagai faktor, salah satunya yaitu kebiasaan harian.

Pasalnya, kecenderungan otak mengerjakan suatu pekerjaan yang sama setiap harinya akan mempengaruhi kondisi otak. Sebagaimana orang-orang dewasa akan fokus pada karier dan bidang keahlian tertentu.

Menurut seorang asisten profesor di University of California Riverside, Rachel Wu, PhD, menyebutkan, bahwa layaknya seperti anak-anak, membantu orang dewasa untuk mengembangkan bakat dan hobi baru akan sangat efektif membantu otak bertahan lebih lama serta menunda atau memperlambat penurunan kognitif terkait usia.

Berikut enam kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan memori kerja dan menghambat penuaan pada otak:

Berusaha Keluar dari Zona Nyaman
Umumnya orang dewasa akan menggunakan keterampilan yang sama dalam pekerjaan setiap hari. Bahkan, tidak jarang rute perjalan yang ditempuh untuk menuju tempat kerja juga sama.

Tapi tahukah Anda?. Ternyata kebiasaan-kebiasaan itu dapat membatasi kemampuan otak. Untuk itu, mulailah mempelajari dan melatih keterampilan baru dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Melakukan sesuatu yang baru dan menantang akan bermanfaat.

Temukan Instruktur
Apabila Anda sulit untuk melakukan suatu keterampilan dengan sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencari instruktur yang akan mengajarkan Anda banyak hal.

Seperti instruktur olahraga, menjahit, memasak atau bahkan berkebun. Karena dengan berinteraksi dengan mereka akan membuat otak Anda akan terus berkembang dengan baik.

Percaya Diri
Kebiasaan menanamkan rasa percaya diri pada diri sendiri sangat penting untuk ditanamkan. Mengabaikan orang-orang yang tidak percaya pada proses yang Anda lakukan dan mendorong diri sendiri untuk mempercayai bahwa Anda dapat melakukan sesuatu yang baru dengan latihan dan kerja keras.

Berada di Sekitar Orang-orang yang Semangat
Tidak hanya keyakinan diri, ternyata berada di lingkungan positif yang selalu memberi Anda dukungan akan membantu mencegah penuaan pada otak.

Komitmen dan Pantang Menyerah
Pantang menyerah dan bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu yang dikerjakan akan membuat Anda lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberi tahu orang-orang terdekat mengenai keterampilan baru yang sedang ingin Anda pelajari, sehingga akan membuat Anda terus termotivasi untuk melakukannya.

Pelajari Lebih dari Satu Keterampilan Sekaligus
Kecenderungan seseorang untuk lebih optimal pada satu bidang, akan membuat otak mereka lebih cepat menua dibandingkan dengan mereka yang mempelajari sesuatu yang berbeda sekaligus.

Anda bisa melatih untuk melakukan suatu keterampilan baru secara bertahap. Misalnya, tahun ini Anda ingin memiliki keterampilan menyanyi maka di tahun depan Anda bisa menambahkan keterampilan dengan mempelajari olahraga, memanah dan seterusnya. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.