PortalMadura.com

Inilah 6 Kondisi yang Mengharuskan Anda Konsumsi Garam

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 09:00
Inilah 6 Kondisi yang Mengharuskan Anda Konsumsi Garam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengonsumsi banyak garam memang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya mengakibatkan hipertensi. Hal ini tentu membuat sebagian orang membatasi dalam mengonsumsi garam.

Akan tetapi menurut sebuah penelitian, ternyata ada beberapa keadaan yang justru mengharuskan Anda untuk makan garam. Anda penasaran?.

Berikut enam kondisi yang mengharuskan Anda mengonsumsi garam:

Saat Mengikuti Marathon
Anda akan mengikuti marathon keesokan hari atau berpartisipasi dalam olahraga dengan intensitas yang tinggi? Jika demikian, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi garam.

Sebab, jenis olahraga dengan intensitas tinggi membuat tubuh membutuhkan asupan sodium yang baik. Jika tidak, maka Anda akan mengalami hiponatremia atau menurunnya kandungan sodium dalam darah yang mengakibatkan pusing dan lemas.

Saat Tinggal di Tempat yang Panas
Tinggal di tempat yang beriklim panas otomatis membuat tubuh Anda berkeringat. Keringat yang berlebih ini bisa mengakibatkan penurunan kadar natrium dalam tubuh yang berujung dengan hiponatremia.

Baca Juga:  Guys, Berhentilah Merokok Agar Tubuh Anda Rasakan 4 Hal Luar Biasa Ini

Saat Menderita Nefropati
Nefropati adalah bentuk lain dari penyakit ginjal yang membuat tubuh kesulitan untuk menjaga kandungan atau kadar natrium. Natrium dalam tubuh bisa hilang karena kencing berlebih yang sering dialami oleh penderita penyakit ini.

Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

Oleh sebab itu, penderita nefropati wajib untuk menjaga kadar sodium di dalam tubuh mereka dengan mengonsumsi makanan bergaram.

Saat Mengonsumsi Obat Diuretik
Mengonsumsi obat diuretik bisa menyebabkan ketidakseimbangan mineral dalam tubuh karena seringnya Anda kencing. Hasilnya, tubuh bisa kehilangan sodium dalam jumlah tinggi. Inilah salah satu keadaan di mana Anda wajib mengonsumsi garam.

Saat Berusia Lanjut
Mereka yang berusia 80 tahun lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan bergaram. Sebab, asupan garam dibutuhkan untuk menaikkan aktivitas otak.

Baca Juga:  Ini 6 Khasiat Menakjubkan Tepuk Tangan Bagi Kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang mengonsumsi garam memiliki aktivitas otak yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang diet rendah sodium.

Saat Menderita Bartter Syndrome
Bartter Syndrome atau Sindroma Bartter adalah suatu kelainan di mana ginjal membuang elektrolit (kalium, natrium dan klorida) dalam jumlah berlebihan, sehingga kadar kalium dalam darah menjadi rendah (hipokalemia). Penyakit ini kebanyakan terjadi karena faktor keturunan. Karena dampak buruk dari penyakit inilah, maka orang wajib mengonsumsi makanan bergaram.

Oleh karena itu, ada kondisi tertentu yang membuat orang wajib makan garam. Asal tidak dalam jumlah berlebih, maka garam bisa mendatangkan manfaat untuk kesehatan tubuh. (merdeka.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional