Inilah 6 Penyebab Rem Mobil Blong yang Wajib Diketahui

  • Bagikan
rem
Ist.Net

PortalMadura.Com – Komponen rem merupakan salah satu bagian penting yang harus ada pada kendaraan. Karena rem berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan.

Akan tetapi perawatan yang salah membuat rem menjadi blong. Rem blong ini sudah menjadi salah satu penyebap kecelakaan terbanyak yang terjadi di jalan raya.

Salah satu pencegahan yang bisa kita lakukan untuk menghindari rem blong adalah dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab rem tersebut blong. Lalu apa sajakah yang menjadi penyebab rem mobil blong?.

Minyak Rem Kurang
Kurangnya minyak rem dalam porsi yang banyak tentunya akan membuat sistem rem tidak bekerja, karena minyak rem ini tidak mampu meneruskan tekanan dari pedal.

Kuantitas minyak rem yang kurang ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada sistem, atau kesalahan pengemudi yang tidak memeriksanya dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu sering memeriksanya menjadi solusi untuk pencegahan rem mobil blong yang diakibatkan oleh kurangnya minyak rem.

Kanvas Rem Aus
Kanvas rem aus ini merupakan hal yang sudah biasa, tetapi bila terjadi keausan yang berlebihan dan tetap digunakan maka dapat berisiko terjadinya rem blong, rem tidak bisa pakem lagi karena gaya gesek yang dihasilkan tidak maksimal. Solusinya lakukan penggantian kanvas dan servis rem secara berkala.

Piston Rem Rusak
Piston yang sudah rusak akan membuat tidak mampu lagi meneruskan tekanan hidraulis dari pedal untuk menekan kanvas sehingga terjadi pengereman. Piston rem yang aus atau rusak akan membuat rem tidak pakem lagi.

Selang Minyak Rem Tersumbat dan Kotor
Bila minyak rem tidak bisa mengalir maka rem benar-benar tidak berfungsi atau blong. Tersumbatnya aliran ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak kotoran yang terkandung pada minyak rem, kemudian minyak rem yang terlalu kotor ini salah satu penyebabnya adalah masuknya kotoran melalui tangki cadangan pada saat dibuka tutupnya. Maka dari itu akan lebih baik apabila minyak rem dikuras dan diganti secara berkala.

Seal Piston Master Silinder Sobek
Ini biasanya disebabkan oleh faktor usia dan kualias minyak rem. Semakin buruk kualitas minyak remnya maka seal ini semakin cepat rusaknya. Maka dari itu jagalah kualitas dari minyak rem, sehingga komponen system rem akan lebih terjaga dan awet.

Vapour Lock
Menguapnya minyak rem yang disebabkan oleh pengaruh suhu (terlalu panas), sehingga menyebabkan minyak rem mendidih dan timbulnya gelembung-gelembung udara (uap) di dalam sistem rem. Yang mana membuat rem tidak pakem lagi.
(bisaotomotif/choir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.